Komunitas Minangkabau di Surabaya: studi tentang perubahan tata cara Perkawinan Minangkabau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mila, Mila (2019) Komunitas Minangkabau di Surabaya: studi tentang perubahan tata cara Perkawinan Minangkabau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila_A92215042.pdf

Download (770kB)

Abstract

Skripsi mengkaji tentang Komunitas Minangkabau di Surabaya (Studi tentang Perubahan Tata Cara Perkawinan Minangkabau) memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana tata cara perkawinan Minangkabau di Sumatera Barat? 2) Bagaimana tata cara perkawinan Minangkabau di Surabaya? 3) Apa perubahan tata cara perkawinan Minangkabau di Surabaya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode etnografi. Metode ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, Menetapkan Informan, Melakukan Wawancara dan Pengamatan, Membuat Catatan Etnografis dan Mengajukan Pertanyaan Deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan emik untuk mengetahui pandangan perantau Minangkabau tentang perubahan tata cara perkawinan Minangkabau. Pendekatan etik untuk mengetahui pandangan si peneliti terhadap perubahan tata cara perkawinan Minangkabau. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Continuity And Change oleh John Obert Voll. Dengan teori ini penulis berharap dapat menjelaskan bahwa perubahan tata cara perkawinan Minangkabau di Surabaya memiliki pandangan hidup yang berguna untuk kehidupan mereka di perantauan. Dengan rumusan masalah yang ada serta dari beberapa penelusuran yang penulis lakukan dari sumber-sumber primer dan sekunder, membuktikan bahwa 1) Perkawinan Minangkabau di Sumatera Barat memiliki berbagai macam prosesi yang mempunyai makna untuk melangsungkan perkawinan 2) Perkawinan Minangkabau di Surabaya memiliki sedikit prosesi dibandingkan di Sumatera Barat 3) adanya kombinasi dengan dalam tata cara perkawinan Minangkabau dengan adat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mila, Milamilatululya03110407@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Adat
Uncontrolled Keywords: Komunitas Minangkabau; Perkawinan Minangkabau
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mila Mila
Date Deposited: 18 Apr 2019 05:08
Last Modified: 18 Apr 2019 05:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31552

Actions (login required)

View Item View Item