Simbol nilai Parenting dalam film Sabtu Bersama Bapak: analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Masfi Syafi'atul (2019) Simbol nilai Parenting dalam film Sabtu Bersama Bapak: analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masfi Syafi'atul Ummah_B76215091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada dua hal yang hendak dibahas dalam skripsi ini, yaitu (1) Apa penanda dan petanda simbol nilai-nilai parenting dalam Film Sabtu Bersama Bapak (2) Bagaimana makna denotasi dan konotasi simbol nilai-nilai parenting dalam Film Sabtu Bersama Bapak. Untuk mengungkap pembahasan di atas, perlu dilakukan penelitian menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan paradigma kritis. Dengan mengunakan pendekatan tersebut akan memberikan fakta dan data, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Roland Barthes, yang menganalisis dengan konsep signifikasi dua tahap yakni signifikasi tahapan pertama berkaitan dengan hubungan antara signifier atau ekspresi atau penanda dan signified atau konsep atau petanda dalam sebuah tanda terhadap realitas eksternal. Barthes menyebutnya sebagai denotasi atau makna yang paling nyata dari sebuah tanda (sign). Sedangkan sistem tataran kedua disebut konotatif, yang telah dibedakan Barthes dari denotatif atau sistem pemaknaan tataran pertama. Dalam tahapan ini manggambarkan bagaimana interaksi tanda (sign) jika bertemu dengan perasaan atau emosi dari pembaca serta nilai-nilai dalam kebudayaannya. Dalam penelitian ini, dapat ditarik hasil bahwa dalam film “Sabtu Bersama Bapak” terdapat simbol penanda dan petanda nilai parenting serta dapat ditarik maknanya. Nilai parenting tersebut meliputi orang tua memiliki tugas untuk mengenalkan anak kepada Tuhannya, memberikan anak teladan dan mengajak anak berakhlak yang baik, pemberikan pendidikan dan mengembangkan potensi dalam diri anak, memberikan perlindungan bagi anak serta mencurahkan kasih sayang, membentuk anak menjadi pribadi yang mandiri, mengajari anak untuk menyayangi orang tua, serta pencukupi kebutuhan meteril anak berupa sandang dan pangan sesuai dengan kemampuan orang tua. Selanjutnya sebagai bahan rekomendasi, bagi penelitian yang akan datang diharapkan dapat mengembangkan fokus kajian lebih mendetail seperti menganalisis peranan ibu, ayah, dan anak dalam film ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Masfi Syafi'atulfifiemasfie@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Komunikasi
Film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ummah Masfi Syafi'atul
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:12
Last Modified: 18 Apr 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item