Pengaruh konseling kelompok dengan Terapi Syukur terhadap peningkatan Self Compassion Santri di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah

Damau, Reza Gunawan A (2019) Pengaruh konseling kelompok dengan Terapi Syukur terhadap peningkatan Self Compassion Santri di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Gunawan A Damau_B93215114.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh konseling kelompok dengan terapi syukur terhadap peningkatan self compassion santri di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah? Penelitian tersebut dapat dijawab dan diselesaikan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen analisis uji Wilcoxon. Dengan melakukan uji tersebut, sebanyak 6 siswa dengan nilai minimun pre-test sebesar 68 dan maximum 81 dengan nilai rata-rata 76,33. Sesudah menjalani proses konseling dengan terapi syukur, nilai post-test minimun menjadi sebesar 85 dan maksimum sebesar 99 dengan rata-rata 99,33. Nilai simpang baku sebelum dilakukan konseling sebesar 4,803 dan setelah dilakukan proses konseling menjadi sebesar 4,926. Nilai signifikansinya adalah 0,028 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok dengan terapi syukur terhadap peningkatan self compassion santri di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Email: rezanawan96@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Santoso, Agus
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok; Terapi Syukur; Self Compassion
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Damau Reza Gunawan A.
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:02
Last Modified: 23 Apr 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item