Pola komunikasi dakwah guru bidang studi Aqidah Akhlak dalam mengembangkan akhlak siswa MI Al Ikhlas Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Andini Riswanda (2019) Pola komunikasi dakwah guru bidang studi Aqidah Akhlak dalam mengembangkan akhlak siswa MI Al Ikhlas Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Riswanda Putri_B01215009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterpautan antara dakwah dan dunia pendidikan dalam mengenalkan dan mendidik serta mengembangkan akhlak pada siswa yang nantinya menjadi penerus bangsa dengan pola komunikasi dakwah yang baik dan benar. Demikian skripsi ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi dakwah guru bidang studi aqidah akhlak di MI Al-Ikhlas Surabaya dalam mengembangkan akhlak siswa yang merupakan dasar dari setiap pendidikan yang dijadikan sebagai pondasi sebagai benteng dari pengaruh perkembangan zaman yang tidak lepas dari budaya luar yang negatif dan cenderung menyesatkan. Dengan demikian maka mengembangka akhlak mempunyai arti dan peranan penting dalam pembentukan tingkah laku bagi siswa, sebab dalam mengembangkan akhlak ini siswa tidak hanya diarahkan kepada kebahagiaan hidup di dunia, tetapi juga untuk kebahagiaan hidup di akhirat kelak. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan study lapangan (field research) dalam proses pengumpulan datanya. Penelitian ini menentukan subjek dan objek penelitian dengan mengacu pada pedoman wawancara untuk melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi dakwah yang di lakukan guru aqidah akhlak dalam mengembangkan akhlak siswa MI Al-Ikhlas Suraaya adalah dengan mengunakan pola komunikasi dakwah bilhikmah, Mau’idzotul Hasanah, dan Mujadalah Billati Hiya Ahsan. Pola komunikasi dakwah ini merupakan bentuk pola komunikasi dakwah yang sangat tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan sangat berperan penting dalam membentuk, mengarahkan dan mengembangkan akhlak siswa sehingga mampu menjadikan siswa memiliki akhlak yang mulia baik dalam lingkungan sekolah maupun dilingkungan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Andini Riswandaariniloemadi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pola komunikasi dakwah guru aqidah akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Andini Riswanda
Date Deposited: 18 Apr 2019 01:57
Last Modified: 18 Apr 2019 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31538

Actions (login required)

View Item View Item