Profil Translasi antar representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiani, Yayuk (2019) Profil Translasi antar representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yayuk Sofiani_D74214048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan translasi antar representasi matematika merupakan salah satu dari beberapa kemampuan yang diperlukan dalam proses pemecahan masalah. Proses translasi antar representasi adalah proses perubahan dari suatu bentuk representasi ke bentuk representasi lain. Indikator proses translasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah unpacking source, preliminary coordinator, constructing the target, dan determining equivalence. Salah satu materi yang menggunakan berbagai representasi matematika adalah materi relasi dan fungsi. Kemampuan siswa dalam melakukan proses translasi antar representasi dapat berbeda-beda pada setiap siswanya, salah satunya yaitu berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci profil translasi antar representasi matematika siswa bertipe kepribadian rational dan idealist dalam memecahkan masalah fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang diambil dari siswa kelas VIII-C dan VIII-D di SMPN 22 Surabaya pada semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 siswa dengan tipe kepribadian rational dan 4 siswa dengan tipe kepribadian idealist. Pengumpulan data dengan tugas tertulis dan wawancara berbasis tugas. Data tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator translasi antar representasi. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa kemampuan translasi antar representasi siswa dengan tipe kepribadian rational dan idealist mampu memenuhi indikator translasi antar representasi yaitu mengungkapkan representasi sumber (unpacking the source), koordinasi pemahaman awal (preliminary coordination), mengkontruksi target representasi (constructing the target), dan menentukan kesesuaian representasi (determining equeivalence). Namun subjek dengan tipe kepribadian rational melakukan sedikit kesalahan dalam pemecahan masalah yang kemudian disadari oleh subjek. Siswa dengan tipe kepribadian rational menggunakan logika dan kekuatan analisa untuk mengambil keputusan ketika menyelesaikan sebuah permasalahan. Sedangkan tipe kepribadian idealist melibatkan perasaan dan pertimbangan yang diyakini ketika hendak mengambil keputusan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiani, Yayukyayuksofi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Representasi; Translasi; Kepribadian; Rational; Idealist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sofiani Yayuk
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:03
Last Modified: 18 Apr 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31534

Actions (login required)

View Item View Item