Profil berpikir refraksi siswa dalam menyelesaikan masalah Change and Relationship soal pisa ditinjau dari gaya berpikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Khusvia (2019) Profil berpikir refraksi siswa dalam menyelesaikan masalah Change and Relationship soal pisa ditinjau dari gaya berpikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusvia Aulia_D94213109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berpikir refraksi adalah kemmpuan berpikir yang menghasilkan keputusan melalui proses berpikir refleksi dan berpikir kritis.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir refraksi siswa dalam menyelesaikan masalah change and relationship soal PISA ditinjau dari gaya berpikir monarchic, hierarchic, oligarchic, dan anarchic. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sidoarjo yang terdiri dari 2 siswa dari masing-masing gaya berpikir. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dan wawancara. Soal tes tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator berpikir refraksi. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan: (1) Subjek monarchic mengumpulkan semua informasi, menghubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya, memberikan alternatif solusi dan menyelesaikan masalah serta memberikan kesimpulan yang tepat. (2) Subjek hierarchic mengumpulkan informasi, menghubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya untuk memberikan alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah meskipun dengan bahasa yang kurang baik namun memberikan kesimpulan yang tepat. (3) Subjek oligarchic mengumpulkan informasi menghubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya untuk memberikan alternatif solusi namun kurang tepat dalam menentukan strategi penyelesaian sehingga memberikan kesimpulan yang kurang tepat. (4) Subjek anarchic mengumpulkan informasi, menghubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya namun kurang tepat dalam menentukan strategi penyelesaian sehingga memberikan kesimpulan yang kurang tepat pula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Khusviakhusviaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Berpikir refraksi; Change and relationship soal PISA; Gaya berpikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Khusvia
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:02
Last Modified: 18 Apr 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31533

Actions (login required)

View Item View Item