The Master of Knight, Nasuh al-Matrakci: Eksistensi dan Kontribusinya bagi Dinasti Turki Utsmani pada Abad ke-16

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamia, Siska Ofanni (2019) The Master of Knight, Nasuh al-Matrakci: Eksistensi dan Kontribusinya bagi Dinasti Turki Utsmani pada Abad ke-16. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Ofanni Islamia_A92215123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “The Master of Knight, Nasuh al-Matrakci: Eksistensi dan Kontribusinya bagi Dinasti Turki Utsmani pada Abad ke-16”. Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana biografi tokoh Nasuh al-Matrakci sebagai The Master of Knight pada Abad ke-16? (2). Bagaimana eksistensi tokoh Nasuh al-Matrakci pada periode Sultan Sulaiman al-Qanuni di Abad ke-16? (3). Bagaimana kontribusi yang diberikan oleh Nasuh al-Matrakci kepada peradaban Islam khususnya bagi Dinasti Turki Utsmani di Abad ke-16? Penelitian ini menggunakan pendekatan intelektual yang digunakan penulis untuk melacak bagaimana pemikiran tokoh Nasuh al-Matrakci, sehingga dia mampu menjadikan dirinya kebanggaan Khalifah. Teori yang digunakan adalah Teori Peran yang dapat membantu untuk meneliti tokoh Nasuh al-Matrakci dalam eksistensi dan kontribusinya bagi Dinasti Turki Utsmani pada abad ke-16. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah dengan tahapan–tahapan yang harus ditempuh yakni: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1). Nasuh al-Matrakci memiliki nama asli Nasuh bin Abdullah el-Visokavi el-Bosnavi. Dia lahir pada tahun 1480 M di Bosnia. Nasuh menerima julukan "Matrakci" setelah dia menciptakan sebuah permainan bernama Matrak. Oleh karena eksistensi dan kontribusinya yang banyak, Sultan menghadiahkannya sebuah gelar khusus bagi Nasuh Al-Matrakci, The Master of Knight. (2). Nasuh al-Matrakci bereksistensi sebagai seorang polimatik Dinasti Turki Utsmani yang terkenal, penulis dan ksatria yang menghasilkan buku-buku penting di beberapa bidang. (3). Kontribusi Nasuh al-Matrakci dalam berbagai bidang sangatlah besar sehingga membuat dia dihormati dari segala kalangan masyarakat pada masanya. Kata Kunci: The Master of Knight, Matrak, Abad 16 M

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamia, Siska Ofannisheeskha23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: The Master of Knight; Matrak; abad 16 M
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Islamia Siska Ofanni
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:04
Last Modified: 23 Apr 2019 01:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item View Item