Konseling Islam melalui Cognitive Behavior Therapy untuk menangani trauma seorang snak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jariyah, Ainun (2019) Konseling Islam melalui Cognitive Behavior Therapy untuk menangani trauma seorang snak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AinunJariyah_B03215002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Konseling Islam melalui Cognitive Behavior Therapy untuk menangani trauma seorang anak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur 2) Bagaimana hasil Konseling Islam melalui Cognitive Behavior Therapy untuk menangani trauma seorang anak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur.Untuk membahas permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah serta menggunakan analisis deskriptif dalam menganalisa hasil akhir dari pelaksanaan Cognitive behavior therapy untuk menangani studi kasus trauma seorang anak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur . Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa 1) proses Konseling Islam melalui Cognitive Behavior Therapy untuk menangani trauma seorang anak korban pelecehan seksual fisik di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur terdapat 5 langkah proses konseling yang telah dilakukan yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi untuk menangani 4 aspek yang mengindikatori trauma yang dialami konseli dengan memberikan penguaatan-penguatan positif untuk menata keyakinan irrasional dan membuat jadwal harian yang dilakukan guna membantu konseli mengurangi Trauma yang menghambat perkembangan kepribadian dan merugikan konseli baik secara fisik maupun psikis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jariyah, AinunAinunjariyah633@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Jariyah Ainun
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:57
Last Modified: 18 Apr 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31516

Actions (login required)

View Item View Item