Bimbingan dan konseling Islam dengan teknik self-management dalam mengatasi masalah seorang pemuda yang sulit mengelola keuangannya

Nasikhotin, Hindun (2019) Bimbingan dan konseling Islam dengan teknik self-management dalam mengatasi masalah seorang pemuda yang sulit mengelola keuangannya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hindun Nasikhotin_B93215104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang masalah seorang pemuda yang sulit mengelola keuangann. Oleh karena itu, dalam bimbingan dan konseling Islam untuk mengatasi masalah sulit mengelola keuangan, konselor menggunakan teknik self-management dimana konselilah yang berperan aktif untuk melakukan perubahan pada dirinya, konseli mampu berkomitmen melakukan hal-hal baik untuk mencapai tujuannya. Sehingga fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self-Management dalam Mengatasi Masalah Seorang Pemuda yang Sulit Mengelola Keuangannya? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self-Management dalam Mengatasi Masalah Seorang Pemuda yang Sulit Mengelola Keuangannya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian study kasus yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif komparatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakanan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis proses teknik self-management dalam mengatasi masalah seorang pemuda yang sulit mengelola keuangannya adalah melalui wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan, yakni: 1) Melalui 5 proses konseling yang telah dilakukan yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi atau treatment. Untuk menangani masalah konseli konselor menggunakan 3 tahapan yaitu: (1) tahap monitoring diri atau observasi diri, (2) tahap evaluasi diri, (3) tahap pemberi penguatan, penghapusan, dan hukuman. Kemudian yang terakhir dilakukan follow up. (2) Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan cukup berhasil. Maka dilihat dari awal sampai akhir proses konseling terdapat perubahan positif pada diri konseli, yaitu konseli yang dulunya tidak mampu menabung, sekarang konseli mampu menabung dari hasil gaji mingguannya, selain itu konseli kadang-kadang juga melakukan shadaqoh dan juga puasa senin kamis yang mulanya dilakukan karena hukuman dan saat ini telah menjadi sebuah kebiasaan.

Email: amai_chan30@yahoo.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syakur, Abd.
Subjects: Bimbingan Konseling
Manajemen
Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nasikhotin Hindun
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:42
Last Modified: 18 Apr 2019 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31503

Actions (login required)

View Item View Item