Proses komunikasi Tengkulak dengan Petani Tambak dalam transaksi jual beli ikan di Desa Kuluran Kalitengah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, A. Ananto Surya (2019) Proses komunikasi Tengkulak dengan Petani Tambak dalam transaksi jual beli ikan di Desa Kuluran Kalitengah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A. Ananto Surya Wibowo_B06212038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) bagaimanakah Proses Komunikasi Tengkulak dengan Petani Tambak di Desa Kuluran Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan Untuk mengungkapkan persoalan terebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena sosial dalam masyarakat dengan realitas yang utuh dan menyeluruh dengan memahami cara orang berinteraksi dan bekerja sama melalui fenomena yang teramati observasi partisipasi, wawancara, dokumen yang terkait untuk analisis dan interpretasi sesuai acuan dan nilai. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa (1) Terbuka dan berusaha bisa dipercaya, Tengkulak sangat menghindari sikap yang menghalangi kelancaran pekerjaannya, seperti berbohong terkait harga, kepada petani tambak, (2) Bergantung Pada Media Telekomunikasi, ketiga tengkulak yang peneliti kunjungi, sepakat mengatakan kalau mereka sangat bergantung dengan alat komunikasi terutama telepon genggam, (3) Memiliki ciri khas gaya bahasa, ciri khas bahasa yang mereka g menggunakan umpatan bahasa khas masyarakat pedesaan (Nyambek) dan non verbalnya, bahasa tubuh, raut wajah dan sebagainya. Beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan mengenai hasil penelitian ini adalah (1) diharapkan menyumbang wacana baru, terkait ragam proses komunikasu tengkulak berdasarkan akar sosial serta bagaimana budaya lingkungan sosial (2) penelitian dapat menjadi salah-satu literasi dan bahan acuan bagi penelitian selanjutnya dalam mengungkap proses komunikasi interpersonal tengkulak dan para petani, secara lebih dalam dan menyeluruh. Peneliti juga berharap penelitian mengenai tengkulak terus dikembangkan baik sisi baik atau buruknya(3) diharapkan penelitian ini bisa menambah khasana keilmuan dan dapat menjadi acuan untuk riset berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, A. Ananto SuryaAnantoahmad70@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Ikan
Komunikasi
Ikan > Perikanan Tambak
Keywords: Proses Komunikasi; Tengkulak; Petani tambak; Pertukaran sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Wibowo A.Ananto Surya
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:21
Last Modified: 18 Apr 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31498

Actions (login required)

View Item View Item