Sejarah perkembangan jam’iyah sholawat seribu rebana di jombang tahun 2010-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Indah Nurrohmatul (2019) Sejarah perkembangan jam’iyah sholawat seribu rebana di jombang tahun 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Indah Nurrohmatul Inayah_A92215088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Sejarah Perkembangan Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana di Jombang Tahun 2010-2018 merupakan penelitian lapangan. Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini sebagai berikut; 1). Bagaimana sejarah berdirinya Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana ? 2). Bagaimana perkembangan Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana ? 3). Bagaimana respon masyarakat Jombang terhadap perkembangan Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana ?.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian sejarah, yang meliputi beberapa langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan historis digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan pendekatan sosiologis digunakan untuk menganalisis peristiwa sosial yang ada dalam Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana . Sedangkan teori yang digunakan yaitu teori dari John Obert Voll teori kesinambungan dan perubahan (continuity and change).Hasil penetian yang telah dilakukan oleh peneliti mendapatkan kesimpulan (1) Latar Belakang berdirinya Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana yaitu diawali dengan acara peringatan 100 hari wafatnya guru besar Indonesia yaitu Gus Dur. Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana berdiri pada tahun 2010 dibawah asuhan KH. Nur Hadi. (2) Perkembangan Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana dari tahun 2010-2018 mengalami kemajuan yang sangat pesat, mulai dari perkembangan program kegiatan, penambahan jumlah anggota dan menyebarnya wilayah Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana sampai ke wilayah sekitar Kabupaten Jombang. (3). Pandangan masyarakat Jombang mengenai perkembangan Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana seluruhnya merespon positif, tetapi dengan berbagai macam catatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Indah Nurrohmatulinayah.indah6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Kesenian > Kesenian Islam
Uncontrolled Keywords: Shalawat; Jam’iyah Sholawat Seribu Rebana; Jombang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Inayah Indah Nurrohmatu
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:21
Last Modified: 24 Apr 2019 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31489

Actions (login required)

View Item View Item