Pengembangan buku konseling preventif Islam perilaku LGBT bagi siswa SMA di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dian Widya (2019) Pengembangan buku konseling preventif Islam perilaku LGBT bagi siswa SMA di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Widya Putri_B93215100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembuatan pengembangan buku konseling preventif Islam perilaku LGBT bagi siswa SMA di kota Surabaya ? (2) Bagaimana hasil pembuatan pengembangan buku konseling preventif Islam perilaku LGBT bagi siswa SMA di kota Surabaya ?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model Brog dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting), Perencanaan (Planning), Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product), Uji Produk Terbatas (Preliminary Field Testing), Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (Main Product Revision), Uji Produk Secara Lebih Luas / Uji Kontrol (Main Field Test), Revisi Hasi Uji Lapangan Lebih Luas (Operational Product Revision), Uji Kelayakan (Operational Field Testing), Revisi Final Hasil Uji Kelayakan (Final Product Revision), Desiminasi dan Implementasi Produk Akhir (Dissemination andImplementation).Peneliti mengembangkan produk berupa buku yang bersifat edukatif yang bertujuan untuk pencegahan.Dari 10 langkah pengembangan yang ada, pengembangan ini masihlah berada pada tahapan ke tujuh, yakni revisi hasil uji lapangan terbatas. Proses di awali dengan melakukan studi pendahuluan, studi pendahuluan ini di lakukan dengan melakukan wawancara mengenai isu LGBT terhadap remaja yang duduk di bangku SMA, dari hasil yang di peroleh banyak siswa SMA yang kurang mengetahui mengenai LGBT, dari data itulah di jadikan sebagai dasar pengembangan buku untuk mengedukasi siswa di usia SMA. Untuk pelaksanaan uji produk terbatas, di lakukan bersama dengan beberapa ahli yang memiliki kemampuan di bidangnya, yakni psikolog anak dan remaja, kesehatan, tenaga pendidik. Penerapan proses konseling preventif dengan menerapkan bimbingan dan konseling serta layanan informasi di lakukan pada saat melakukan uji lapangan terbatas, yang di lakukan bersama dengan siswa di SMA Tri Karya dan MA AR-Rasyid Surabaya. Dari hasil ke tujuh langkah yang telah di terapkan, pengembangan buku konseling preventif islam perilaku LGBT ini di katakan cukup berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dian Widyadiantembem14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Perilaku LGBT; research and development; Brog dan Gall; Konseling Preventif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: PUTRI DIAN WIDYA
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:54
Last Modified: 22 Apr 2019 01:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31478

Actions (login required)

View Item View Item