Analisis kemampuan berpikir analitis dan sintesis siswa dalam menyelesaikan Geometri materi dengan model Advance Organize

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febydiana, Della Putri (2019) Analisis kemampuan berpikir analitis dan sintesis siswa dalam menyelesaikan Geometri materi dengan model Advance Organize. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Della Putri Febydiana_D74214028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir analitis adalah kemampuan berpikir yang memenuhi tiga aspek, yaitu aspek memilah (mengelompokkan sesuatu yang berkaitan dengan materi), yang kedua yakni aspek mengorganisasi (mampu membuat struktur dalam penyelesaian masalah), dan aspek yang terakhir adalah aspek mengatribusi (mampu menyimpulkan hasil dari penyelesaian). Sedangkan kemampuan berpikir sintesis adalah kemampuan berpikir yang memenuhi tiga aspek, yaitu penciptaan komunikasi yang unik (mampu nenyampaikan ide), aspek rencana kerja (mampu menyusun cara penyelesaian masalah), aspek penciptaan hubungan abstrak (mampu mengaplikasikan permaslaahan dalam bentuk lain). Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir yang mempengaruhi kemampuan berpikir analitis dan sintesisnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir analitis dan sintesis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 4 siswa yang diperoleh berdasarkan kemampuan siswa dalam menyelesaiakan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir analitis dan sintesis dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : Kemampuan berpikir anlitis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri dengan model advance organize memenuhi tiga aspek yaitu aspek memiliah, aspek mengorganisasi serta aspek mengatribusi. Sedangkan kemampuan berpikir sintesis siswa dalam menyelesaikan amsalah geometri bangun ruang sisi datar dengan model advance organize memenuhi tiga aspek yaitu penciptaan komunikasi yang unik,penciptaan rencana kerja, serta penciptaan hubungan abstrak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febydiana, Della Putridellaputrifebydiana96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir analitis; Kemampuan berpikir sintesis; Geometri; Model advance organize
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Febydiana Della Putri
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:39
Last Modified: 18 Apr 2019 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item