القيم الدينية في سورة القصص: دراسة الأدب الإجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahilla, Mutia Rifda (2019) القيم الدينية في سورة القصص: دراسة الأدب الإجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutia Rifda Ahilla_A91215119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Qashas dalam kamus bahasa Arab berarti cerita-cerita. Surat Al-Qashas merupakan surat Makkiyah dan terdiri dari 88 ayat. Surat ini diturunkan ketika kaum muslimin masih dalam keadaan lemah dan mereka masih dibelenggu kekejaman kaum musyrikin Makkah sebagai kuasa besar, mewah dan kuat. Maka Allah menurunkan surat ini sebagai perbandingan dengan riwayat hidup nabi Musa dengan kekejaman Fir’aun dan akibat dari kemewahan Qarun serta memberikan janji akan kemenangan nabi Muhammad kelak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nila-nilai agama dalam surat Al-Qashas. Dalam pembahasan skripsi ini penulis membahas tentang 1. Bagaimana jenis-jenis nilai-nilai religious yang terkandung dalam surat Al-Qashas, 2. Bagaimana hubungan pesan-pesan nilai agama yang terkandung dalam surat Al-Qashas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library search) dengan mengambil latar surat Al-Qashas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dari berbagai literature yang ada. Metode analisis data yang ditempuh adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan (menafsirkan) arti dan pesan dari dokumen yang detail kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 77ayat yang mengandung nilai-nilai religious yaitu: 1. Terdapat 29 ayat yang ternasuk dalam nilai akhlak yang mencakup akhlak kepada Allah dan kepada sesama manusia, 2. Terdapat 46 ayat yang ternasuk dalam nilai aqidah yang mencakup akidah kepada Allah, rosul-rosul Allah dan kitab-kitab Allah, 3. Terdapat 2 ayat yang termasuk dalam nilai syari’ah. Surat ini juga mengandung hubungan kuat pesan-pesan yang terkandung dalam surat Al-Qashas seperti sombong, membunuh, menindas rakyat dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahilla, Mutia Rifdamutiaprasbhara@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai agama dan surat Al Qashas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ahillah Mutia Rifda
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:57
Last Modified: 16 Apr 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item View Item