Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur Critical Thinking Skill siswa Madrasah Tsanawiyah pada mata pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholidah, Nur (2019) Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur Critical Thinking Skill siswa Madrasah Tsanawiyah pada mata pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholidah_D74214040.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran yang dikembangkan di kurikulum 2013 adalah untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia yang memiliki karakteristik 4C diantaranya adalah critical thinking skill atau CTS. Untuk melatihkan CTS siswa diperlukan instrumen penilaian yang dapat mengukur CTS siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang dapat mengukur CTS siswa MTs pada mata pelajaran matematika yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan tipe formative research Tessmer yang terdiri dari 3 tahap, yaitu (1) tahap preliminary, (2) tahap self evaluation dan (3) tahap prototyping. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII A MTsN Gresik. Jumlah subjek uji coba sebanyak 30 siswa. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data penilaian oleh para ahli dan data hasil uji coba. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar catatan lapangan, lembar validasi ahli, lembar soal tes dan lembar kuesioner. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis dala catatan lapangan, analisis data lembar validasi, analisis data lembar soal tes dan lembar kuesioner. Analisis data lembar soal tes dan lembar kuesioner dengan menggunakan program SPSS 21. Data hasil penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) deskripsi proses pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur CTS siswa MTs pada mata pelajaran matematika; (2) karakteristik instrumen penilaian yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, sehingga instrumen penilaian yang dikembangkan dapat dikatakan baik. Pertama validitas, dari 7 butir soal yang dikembangkan 6 soal diantaranya dinyatakan valid dan 1 butir soal pada nomor 3 dinyatakan tidak valid. dikarenakan hasil validitas sebesar 0,031 kurang dari rtabel . Oleh karena itu butir soal nomor 3 tidak dapat digunakan kembali. Sedangkan validitas dari 26 item pernyataan kuesioner, 23 item pernyataan dinyatakan valid dan 3 diantaranya dinyatakan tidak valid karena kurang dari rtabel. Kedua reliabilitas instrumen, soal uraian dinyatakan reliabel dengan kategori tinggi yaitu sebesar 0,712. Soal unjuk kerja dinyatakan reliabel dengan kategori sangat tinggi yaitu sebesar 0,937. Sedangkan item-item pernyataan kuesioner dinyatakan reliabel dengan kategori sangat tinggi yaitu sebesar 0,903. Ketiga tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen penilaian, penelitian ini menghasilkan 6 butir soal diterima dan 1 butir soal ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholidah, Nurdahcholidah2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian; Critical Thinking Skill (CTS)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kholidah Nur
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:07
Last Modified: 18 Apr 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item View Item