Aplikasi teori Projecting Back terhadap nikah Mut’ah: studi Mukhtalif Hadis dalam Sahih al Bukhari nomor indeks 1405 dan Sahih Muslim nomor indeks 1422

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartina, Bunga Dwi (2019) Aplikasi teori Projecting Back terhadap nikah Mut’ah: studi Mukhtalif Hadis dalam Sahih al Bukhari nomor indeks 1405 dan Sahih Muslim nomor indeks 1422. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bunga Dwi Hartina _E95215040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nikah mut’ah adalah pernikahan dengan batas waktu yang ditentukan yang mana pernikahan tersebut terdapat perbedaan pendapat dikalangan para Ulama, karena tujuan dari nikah mut’ah ini hanyalah melampiaskan naluri seksual dan dengan mahar, serta waktu yang ditentukan, tanpa ada kewajiban yang lainnya, selayaknya dalam syariat islam. Penelitian ini berobjek lafadz “Matta‘tu’’ (Aku mut‘ahkan), menyebutkan mahar dan waktu yang telah disepakati dan boleh ada saksi maupun tidak ada saksi tergantung pihak perempuan, dan projecting back yang digagas oleh joseph schacht dalam memahami hadis pertama dari segi kualitas sanad. Apakah sanad itu dibuat-buat oleh ulama pada abad ke 2 hijriyyah, sanadnya itu bersambung apa tidak. kedua mempersatukan jawaban-jawaban yang spesifik sebagai pernyataan yang memiliki tujuan sosial dan moral untuk mengkaji latar belakang sosio-historis. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama kualitas hadis yang membolehkan dan melarang nikah mut’ah dalam riwayat al-Bukhari dan Muslim ini kualitas hadisnya bernilai sahih li dhatihi, dan bisa dijadikan hujjah. Karena keduanya sama-sama diriwayatkan dari hadis yang sanadnya bersambung dari awal hingga akhir, serta penyelesaiannya menggunakan motede mukhtalif hadis dengan motode nasakh mansukh. Kedua mengenai analisis dalam menginterpretasikan teori projecting back yaitu dengan memproyeksikan ke belakang dengan melihat sejarah histori yang membahas dalam hal sanad hadis. Apakah hadis itu dipakai sebagai argumen yang legal digunakan sebagai rujukan dalam menentukan sebuah kebijakan hukum. Maka teori ini diperlukan untuk membuktikan apakah sanad hadis dari al-Bukhari dan Muslim ini bersambung atau tidak. karena jika bersambung maka teori ini lebih cocok digunakan dalam penelitian hadis yang sifatnya lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartina, Bunga Dwibungadwi14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah > Nikah Mut'ah
Nikah
Uncontrolled Keywords: Aplikasi teori; Projecting Back; nikah Mut’ah; Mukhtalif Hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Hartina Bunga Dwi
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:00
Last Modified: 16 Apr 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item View Item