Implikasi hadis dalam kitab Sunan Al-Dharimi No Indeks 2689 terhadap operasi plastik untuk kecantikan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Rachma Nika (2019) Implikasi hadis dalam kitab Sunan Al-Dharimi No Indeks 2689 terhadap operasi plastik untuk kecantikan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Rachma Nika Hidayati_E05215027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Sunan Al-dharimi merupakan salah satu kitab hadis dalam jajaran kutub al-sittah. Kitab al-dharimi ini menempati posisi yang tinggi di kalangan ulama’ hadis. Hal ini disebabkan karena keimaman dan kemampuan hafalannya dan keluasan pengetahuan serta ketinggian tabaqatnya yang melebihi Imam Muslim dan penyusun kitab Sunan lainnya. Timbulnya fenomena operasi plastik saat ini, dikarenakan kebanyakan orang khususnya wanita merasa kurang cantik dengan bentuk wajah yang dimilikinya. Akibatnya, beberapa wanita tersebut merasa tidak percaya diri dan tidak mensyukuri bentuk ciptaan Allah SWT lalu mereka memilih melakukan operasi plastik untuk kecantikan. Hal tersebut dilarang dan dilaknat oleh Rasulullah karena merubah ciptaan Allah SWT. Selain riwayat hadis dari kitab Sunan al-dharimi no indeks 2689, ayat al-Qur’an pun juga melarang adanya merubah ciptaan Allah SWT. Penelitian ini bersifat kepurtakaan (library research). Untuk mewujudkan tujuan tersebut, penulis mengumpulkan data hadis dengan cara takhrij yang diperoleh dari al-Mu’jam al-Mufarros dan kitab-kitab penunjang lainnya. Kemudian dilakukan analisa dengan melakukan langkah-langkah kritik sanad dan matan terhadap hadis yang diteliti dengan melakukan itibar dengan mengumpulkan sanad-sanad dari jalur yang lain agar diketahui muttabi dan syahid-nya. Hasil dari penelitian ini bahwa hadis tersebut berkualitas hasan lidzatihi, karena hadis tersebut mengalami kemuttasilan sanad dengan berdasarkan beberapa data yang memperkuat maknanya. Pemaknaan dari hadis di atas sebagaimana bunyi matannya yakni larangan merubah ciptaan Allah SWT, dengan pendekatan teori medis dan psikoterapi menjelaskan perpaduan antara pengobatan operasi plastik dan pengobatan dengan pandangan jabariyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Rachma Nikarachmanika87390@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bedah Plastik
Hadis
Wanita
Uncontrolled Keywords: Operasi Plastik; Medis Psikoterapi; Sunan Al-dharimi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Hidayati Rachma Nika
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:10
Last Modified: 16 Apr 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item