Tubuh ideal Siti ‘Aishah RA: pemaknaan hadis sunan ibn majah no. indeks 3324 dengan pendekatan ilmu gizi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizeh, Siti Nur (2019) Tubuh ideal Siti ‘Aishah RA: pemaknaan hadis sunan ibn majah no. indeks 3324 dengan pendekatan ilmu gizi. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Siti Nur Azizeh_E05215032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam mengatasi permasalahan berat badan, banyak orang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menggemukkan atau menurunkan berat badan. Padahal ada cara alami dalam mencukupi gizi dalam tubuh salah satunya yaitu banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Siti Aishah RA. yang juga makan mentimun dan kurma agar tubuhnya menjadi ideal. Maka penelitian ini berjudul “Tubuh Ideal Siti Aishah RA. (Pemaknaan Hadis Sunan Ibn Majah Nomor Indeks 3324 dengan Pendekatan Ilmu Gizi)”. Dengan rumusan masalah bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang tubuh ideal Siti Aishah RA, Bagaimana pemaknaan hadis tentang tubuh ideal Siti Aishah RA, Bagaimana implikasi hadis tentang tubuh ideal Siti Aishah RA. ditinjau dari pendekatan ilmu gizi. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini yaitu mentimun dan kurma yang dapat membuat tubuh menjadi ideal, dalam memahaminya memakai pendekatan ilmu gizi. Pendekatan ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemberian makanan pada tubuh dengan sebaik-baiknya untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan tubuh. Hasil dari penelitian ini, yaitu kualitas hadis tubuh ideal Siti Aishah RA. riwayat Ibn Majah no. Indeks 3324 awalnya bernilai mauquf hasan akan tetapi karena ada hadis pendukung yang langsung dari Rasulullah maka naik kualitasnya menjadi marfu‘ sahih, karena itu kehujjahan hadis ini yaitu dapat diterima dan diamalkan. Pemaknaan dalam hadis ini bahwa Siti ‘Aishah RA. diobati oleh ibunya agar tubuhnya menjadi gemuk padat dengan obat atau ramuan penggemuk. Akan tetapi semua usahanya gagal, sampai akhirnya Siti Aishah RA. makan mentimun dan kurma sehingga menjadikan tubuhnya gemuk padat. Menurut penelitian bahwa mengkonsumsi mentimun dan kurma dapat menaikkan berat badan, karena membuat orang lebih nafsu makan namun juga bisa menahan lapar, jika asupan energi makanan lainnya sudah memenuhi energi yang dibutuhkan selama sehari, lalu ditambah lagi dengan asupan energi dari tujuh iris mentimun dan tujuh kurma, maka dengan hal ini dikatakan dapat menaikkan berat badan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizeh, Siti Nurazizehsitinur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Wanita
Uncontrolled Keywords: Mentimun; Kurma; Tubuh Ideal; Ilmu Gizi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Azizeh Siti Nur
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:08
Last Modified: 16 Apr 2019 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31452

Actions (login required)

View Item View Item