Analisis hukum Islam terhadap praktik akad murabahah dalam kasus penyelesaian pailit pada produk pembiayaan mikro di BNI Syariah KCP Sunan Ampel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamil, Miftakhul (2019) Analisis hukum Islam terhadap praktik akad murabahah dalam kasus penyelesaian pailit pada produk pembiayaan mikro di BNI Syariah KCP Sunan Ampel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Jamil_C02215041.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Murabahah dalam Kasus Penyelesaian Pailit pada Produk Pembiayaan Mikro di BNI Syariah KCP Sunan Ampel. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjawab bagaimanakah praktik dan analisis hukum Islam terhadap praktik akad murabahah pada produk pembiayaan mikro di BNI Syariah KCP Sunan Ampel.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan berbagai macam metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menghasilkan data dan diolah menggunakan teknik editing, organizing, systematizing, dan analizing. Sehingga muncul teknik analisis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu cara berpikir seseorang dengan menggambar, meringkas semua kondisi, keadaan dan semua permasalahan yang terjadi di masyarakat tentang praktik akad murabahah, khususnya pada produk pembiayaan mikro yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan pola pikir analisis induktif yaitu dari data bersifat khusus kemudian dianalisis dan disimpulkan ke dalam keadaan yang lebih umum dan sesuai dengan hukum Islam tentang praktik akad murabahah pada produk layanan pembiayaan mikro di BNI Syariah KCP Sunan Ampel.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik akad murabahah di Bank BNI Syariah KCP Sunan Ampel terlaksana dengan baik dan lancar. Terbukti bahwa BNI Syariah KCP Sunan Ampel melaksanakan akad murabahah khususnya pada produk pembiayaan mikro sesuai dengan peraturan yang ada. Baik peraturan dari DSN-MUI maupun peraturan dari BI serta peraturan yang dibuat oleh bank sendiri untuk karyawan maupun nasabahnya. Maka dapat dikatakan bahwa praktik akad murabahah di Bank BNI Syariah KCP Sunan Ampel sesuai dengan ketentuan atau teori akad murabahah. Setelah diteliti lebih lanjutmenurut Hukum Islam praktik akad murabahah di Bank BNI Syariah KCP Sunan Ampel sudah memenuhi ketentuan sekitar 78% Fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 dan sebesar 85% dari Fatwa DSN-MUI No.47/DSN-MUI/II/2005.Seiring dengan kesimpulan di atas, kepada Bank BNI Syariah KCP Sunan Ampel disarankan agar terus mengikuti prinsip syariah yang sesuai dengan teori maupun fatwa DSN-MUI. Serta mempertahakan kesesuainya dan meningkatkan kualitas pelayanannya kembali.Bagi DSN-MUI sebaiknya sosialisasi tentang prinsip syariah juga di bawah kantor cabang agar kegiatan bermuamalah mereka sesuai dengan prinsip Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamil, Miftakhulmiftakhuljamil3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank dan Perbankan
Keywords: Murabahah; Pailit; BNI Syariah KCP Sunan Ampel;Produk Pembiayaan Mikro
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Jamil Miftakhul
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:30
Last Modified: 22 Apr 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31451

Actions (login required)

View Item View Item