Pesan Dakwah Grup Band Wali dalam Sya'ir Lagu "Tobat Maksiat" dan "Bocah Ngapa Yak" : analisis wacana model Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ramadhani Perico (2019) Pesan Dakwah Grup Band Wali dalam Sya'ir Lagu "Tobat Maksiat" dan "Bocah Ngapa Yak" : analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ramadhani Perico Putri_B91215102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang terdapat dalam sya’ir lagu “Tobat Maksiat” dan “Bocah Ngapa Yak” Grup Band Wali. Masalah yang difokuskan dalam penelitian ini adalah pesan dakwah yang ada dalam sya’ir lagu “Tobat Maksiat” dan “Bocah Ngapa Yak”, yakni apa saja pesan ‘aqidah yang terdapat dalam sya’ir lagu Tobat Maksiat dan Bocah Ngapa Yak Grup Band Wali?, apa saja pesan syari’ah yang terdapat dalam lagu Tobat Maksiat dan Bocah Ngapa Yak Grup Band Wali ?, apa saja pesan akhlaq yang terdapat dalam sya’ir lagu Tobat Maksiat dan Bocah Ngapa Yak Grup Band Wali?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif deskriptif. Menggunakan jenis pendekatan konten analisis yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa MP3 dari grup band Wali, lalu diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapat hasil yang akurat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Kesimpulan penelitian ini, bahwa lagu “Tobat Maksiat” dan “Bocah Ngapa Yak” Grup Band Wali mengandung tiga unsur pesan dakwah akidah, syari’ah, dan akhlaq. Pesan akidah adalah mengajak masyarakat untuk selalu yakin kepada kuasa Allah SWT. Pesan syari’ah adalah mengajak untuk kembali sadar atas kewajiban sebagai seorang muslim. Pesan akhlaq adalah jika mendapat nasehat dari sesama harus bisa menerimanya dengan lapang dada karena itu termasuk akhlaq baik yang seharusnya dilakukan oleh sesama muslim. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lebih dalam mengenai penelitian analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ramadhani Pericoramadhani199615@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Sya’ir Lagu; Grup Band Wali
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Ramadhani Perico
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:32
Last Modified: 16 Apr 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31442

Actions (login required)

View Item View Item