Implementasi bahan ajar modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sidoarjo

Annas, Kholid Muhammad (2019) Implementasi bahan ajar modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholid Muhammad Al Annas_D91215059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari munculnya gagasan dari pemerintah tentang kurikulum 13 dengan sistem kredit semester yang berbasis mandiri, kemudian muncul modul unit kegatan belajar mandiri untuk diterapkan dalam setiap pembelajaran di sekolah. Sistem SKS merupakan sistem pembelajaran mandiri yang memberikan layanan percepatan bagi siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi tetap juga tidak mengesampingkan siswa yag mempunyai kecerdasan dibawah rata-rata. Pembelajaran dengan modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) diproyeksikan sebagai program yang sangat menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah, dengan pembelajaran berbasis mandiri diharapkan untuk bisa meningkatkan pembelajaran siswa serta memberikan kebebasan bahwa belajar tidak harus disekolah bersama guru. Fokus penelitian ini adalah penerapan bahan ajar modul UKBM dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X dan juga yang menjadi faktor pendukung dan pemghambat dari implemnetasi bahan aja modul tersebut dalam pembelajaran. Data-data yang terpapar dalam penelitian ini diperoleh dengan terjun lapangan, observasi, wawancara dengan sumber data dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan juga dari dokumenasi dari sekolah yang bisa menunjang penelitian serta siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo. Analisis data dilakukan untuk memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkandan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan mengenai rumusan masalah yang sudah dirumuskan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis kajian skripsi ini, Implementasi Bahan Ajar Modul (UKBM) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo masih perlu untuk kajian lebih serta evaluasi dalam mengenai penerapan modul UKBM di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Karena dalam realitanya penerapan modul belum dilakukan sepenuhnya, dengan berbagai kendala yang muncul seperti belum dilakukannya pelatihan.

Email: kholidarch88@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syaifuddin, Syaifuddin
Uncontrolled Keywords: Modul UKBM; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Al Annas Kholid Muhammad
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:28
Last Modified: 16 Apr 2019 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item