Menyikapi Perilaku Bullying: kajian ma'ani al-hadith dalam kitab musnad ahmad bin hanbal no indeks 1379 melalui pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Nihaya Laila (2019) Menyikapi Perilaku Bullying: kajian ma'ani al-hadith dalam kitab musnad ahmad bin hanbal no indeks 1379 melalui pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nihaya Laila Wardah_E05215025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bullying adalah perbuatan yang agresif yang menyakiti seseorang serta membuat seseorang itu menderita. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kehujjahan sanad dan matan hadis, untuk memahami pemaknaan hadis tentang menyikapi perilaku bullying dan untuk mengetahui dampak dan solusi perilaku bullying melalui pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang bersumber dari kepustakaan (library research) dan pengumpulan data di peroleh dengan penelitian dari sumber kitab Musnad Ahmad bin Hanbal dan dibantu dengan kitab-kitab ilmu hadis yang lainnya. Kemudian hasil dari penelitian tersebut dapat dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad dan matan. Hasil dari penelitian dalam kitab musnad Ahmad bin Hanbal no indeks 1379 berkualitas sahih lidhatihi. Sedangkan dalam matan hadis berkualitas sahih karena tidak bertentangan dengan al-Qur’an, hadis setema maupun hadis yang lebih sahih. Dengan demikian hadis ini dapat digunakan sebagai hujjah. Berdasarkan dari beberapa penelitian bahwa faktor yang menimbulkan perilaku bullying, diantaranya: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor teman sebaya, faktor media massa. Dari faktor-faktor tersebut dapat menimbulkan beberapa dampak yang terjadi dari perilaku bullying, korban bullying maupun dari pihak yang bersangkutan dalam perilaku tersebut, seperti depresi, menyendiri dan lain sebaginya. Dalam al-Qur’an sudah dijelaskan beberapa solusi untuk seorang yang depresi dan dalam penelitian psikologi menggunakan bebrapa teknik, diantaranya teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok, teknik behavioristik melalui teknik positive reforcement dan teknik kursi kosong (empty chair) untuk mengembalikan kepercayaan diri terhadap korban atau pelaku bullying.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Nihaya LailaNihayalaila668@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Perilaku
Keywords: Bullying; Pendekatan Psikologi; Musnad Ahmad bin Hanbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Wardah Nihaya Laila
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:25
Last Modified: 16 Apr 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item