Relevansi tugas dan tanggung jawab guru PAI menurut perspektif Yusuf Qardawi terhadap tugas dan tanggung jawab Guru Agama di masa modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Amalia (2019) Relevansi tugas dan tanggung jawab guru PAI menurut perspektif Yusuf Qardawi terhadap tugas dan tanggung jawab Guru Agama di masa modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Ulfah_D91215087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dari library research (kajian pustaka) yang berjudul “Relevansi Tugas dan Tanggung Jawab Guru PAI Menurut Perspektif Yusuf Qardawi terhadap Tugas dan Tanggung Jawab Guru Agama di Masa Modern”. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab hal-hal terkait tugas guru PAI, tanggung jawab serta relevansinya dengan tugas tanggung jawab guru PAI di era modern. Data penelitian diperoleh dari karya monumental Yusuf Qardawi yang membahas tentang dunia pendidikan, salah satu sumber utamanya adalah Al Tarbiyah Al Islamiyyah wa Al Madrasah Hasan al Banna. Penelitian ini diproses dengan menggunakan teknik deskriptif analitis serta analisis konten atau isi. Analisis konten atau isi dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakatnya pada waktu buku itu ditulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yusuf Qardawi membagi tugas guru PAI menjadi sembilan point dan membagi tanggung jawab guru PAI ke dalam tiga bagian utama yang mana secara global menyatakan bahwa tugas dan tanggung jawab guru PAI tidak hanya sebatas pada pengajaran di kelas, melainkan adanya misi yang lebih besar dalam menjaga kestabilan ummat dan masyarakat untuk tetap berada dijalan yang benar serta menuntun mereka kepada pembentukan manusia cerdas yang bertakwa. Tanggung jawab guru PAI tidak hanya sebatas memajukan pendidikan di sekolah namun juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan. Konsep ide Yusuf Qardawi pun sejalan dengan konsep yang dirumuskan oleh berbagai kalangan ahli juga telah diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, seperti konsep kode etik guru di Indonesia, konsep PPK, 4C dan HOTS dalam RPP dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka perlulah guru PAI untuk menyadari tugas dam tanggung jawab yang dipikulnya sehingga ia dapat memaksimalkan perannya sebagai pendidik, masyarakat juga sebagai khalifah Allah di bumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Amaliasafiraamalia737@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Agama > Biografi Tokoh
Pendidikan Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Tugas; Tanggung Jawab; Guru PAI; Yusuf Qardawi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfah Amalia
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:40
Last Modified: 16 Apr 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31421

Actions (login required)

View Item View Item