Bagi Hasil Kinerja Syirkah Abdan (Konsinyasi) di Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Dalam Perspektif Ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Fitriana (2019) Bagi Hasil Kinerja Syirkah Abdan (Konsinyasi) di Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriana_G74215142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian studi kasus dilakukan dengan mengamati dan mempelajari perubahan bagi hasil secara rinci dan mendalam meliputi penyebab dan kinerjanya dalam kurun waktu tertentu. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah bagi hasil konsinyasi Lab. Kopsyarma FEBI telah berubah sebanyak empat kali. Perubahan bagi hasil konsinyasi menyebabkan jumlah konsinyor menurun, jumlah konsinyor yang menurun kemudian menyebabkan menurunya pendapatan Lab. Kopsyarma FEBI dari segi bagi hasil konsinyasi, akan tetapi hal ini dapat disiasati dengan melakukan alternatif lain untuk meningkatkan pendapatan yaitu melalui peningkatan jumlah usaha dagang dan usaha jasa yang dimiliki oleh Lab. Kopsyarma FEBI, dengan begitu pendapatan Lab. Kopsyarma FEBI tetap stabil dan berkembang. Pendapatan yang stabil dan berkembang dapat dikelola untuk kesejahteraan anggota seperti pembagian SHU dan penyelenggaraan kegiatan perkoperasian untuk meningkatkan sumber daya anggota. Kesimpulan menunjukan bahwa perubahan bagi hasil Lab. Kopsyarma FEBI membuat konsinyor berkurang sehingga pendapatan konsinyi juga ikut berkurang. Untuk meningkatkan pendapatan Lab. Kopsyarma FEBI dapat dilakukan melalui optimalisasi penjualan produk barang dan jasa yang dijual Lab. Kopsyarma. Sehingga pendapatan Lab. Kopsyarma FEBI tidak hanya dari segi bagi hasil konsinyasi saja serta tidak terpengaruh terhadap jumlah konsinyor yang berjualan. Ketika pendapatan Lab. Kopsyarma FEBI meningkat maka SHU dan kegiatan perkoperasian yang diselenggarakan akan lebih banyak sehingga kesejahteraan anggota dapat tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Fitrianafitrianauinsby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Keywords: Syirkah Abdan; Bagi Hasil Konsinyasi; Kesejahteraan Anggota; Perkembangan Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriana Fitriana
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:54
Last Modified: 16 Apr 2019 01:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item View Item