Analisis motivasi konsumen dalam memilih tempat belanja: studi kasus Toko Basmalah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriya, Aminatuz (2019) Analisis motivasi konsumen dalam memilih tempat belanja: studi kasus Toko Basmalah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatuz Zuhriya_G74215128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Motivasi Konsumen dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Toko Basmalah Surabaya)” merupakan hasil dari penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai motivasi yang mendasari konsumen dalam memilih Toko Basmalah cabang Surabaya sebagai tempat belanja. Data penelitian diperoleh dari laporan rekap omset bulanan, observasi serta survey lapangan, dan wawancara secara mendalam dengan konsumen dan manajemen Toko Basmalah. Data pendukung dari beberapa literatur yang relevan terhadap penelitian terkait. Kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi konsumen dalam memilih tempat belanja pada Toko Basmalah didasari dari empat kebutuhan dasar yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, dan kebutuhan ego. Sedangkan menurut klasifikasi motif konsumen Toko Basmalah didasari oleh motif fisiolgik, psikogenik, dan motif disadari atau rasional. Ada beberapa Retailing Mix atau strategi penjualan eceran yang telah dilakukan Toko Basmalah menjadi pemicu timbulnya motivasi diantara konsumen memilih untuk berbelanja di toko tersebut diantaranya adalah lokasi toko, pelayanan, merchandising,harga, suasana toko, dan karyawan toko.Sejalan dengan kesimpulan tersebut, disarankan kepada pihak Toko Basmalah agar selalu mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana yang ada serta memperbaiki layanan yang masih dianggap kurang sehingga konsumen merasa nyaman dan betah. Dapat mengembangkan strategi promosi untuk lebih dikenal masyarakat dan menarik lebih banyak konsumen

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriya, Aminatuzameenaelzahry@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Psikologi Islam
Pengambilan Keputusan
Perusahaan Perdagangan
Wirausaha
Keywords: Minimarket Syariah; Motivasi Konsumen; Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zuhriya Aminatuz
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:41
Last Modified: 16 Apr 2019 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31412

Actions (login required)

View Item View Item