Pengembangan model Project Based Learning dengan strategi Survey Question, Read Question, Compute Question, untuk meningkatkan hasil belajar jamaah umroh PT. Indo Rihlah Utama Tour and Travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahy, Sultan Muhammad Zahirul Alam (2019) Pengembangan model Project Based Learning dengan strategi Survey Question, Read Question, Compute Question, untuk meningkatkan hasil belajar jamaah umroh PT. Indo Rihlah Utama Tour and Travel. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sultan Muhammad Zahirul Alam Azzahy_F13214146.pdf

Download (7MB)

Abstract

Maraknya banyak jasa perjalanan wisata tour and travel yang banyak dan berkembang di indonesia. Bahkan sangking banyaknya banyak yang menggunakan model strategi pembelajaran yang berbeda beda bahkan paling buruknya sampai jamaah umroh itu tidak dibimbing sama sekali. Maka dari itu disini peneliti mengambil judul penelitian ini. Thesis ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah yang pertama tentang pengembangan model pembelajaran yang berbasis masalah dengan strategi SQRQCQ di salah satu perusahaan tour travel di sidoarjo yaitu di PT. Indo Rihlah Utama Tour and Travel. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disini penulis menggunakan metode observsi (pengamatan lapangan), interview dan wawancara. Dalam mengganalisis data penulis menggunakan tehnik analisis penilaian R&D. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dalam pelaksanaan manasik ibadah umroh dengan menggunakan sqrqcq sangat mudah untuk dilakukan proses pembelajarannya. Sehingga hasil yang diperolah dari model pembelajaran PBL dan strategi SQRQCQ sangat valid dalam melatih kemampuan setiap individu peserta didik dalam mengatasi sebuah masalah. Sehingga sangat bisa diukur tingkat keefektifan tingkat hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran tersebut. Dan lebih memudahkan muthowwif dalam melaksanaan tugas pembibingan beserta peserta didik. Inilah tujuan peneliti untuk menemukan tata cara pembelajaran manasik umroh yang bisa diterapkan kepada peserta didik, sehingga peserta didik bisa lebih dapat esensi dari sebuah perjalanan ibadah menuju ketakwaan kepada Allah SWT. Tidak hanya sekedar melaksanakan perjalanan yang berujung mempunyai asumsi bahwa keberangkatan ibadah umroh hanya sekedar perjalanan wisata belaka, ini adalah sebuah kesalahan terbesar yang dialami mayoritas jamaah jika tidak diiringi dengan keilmuan yang matang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahy, Sultan Muhammad Zahirul Alamsultan.indorihlah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Motivasi Belajar
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azzahy Sultan Muhammad Zahirul Alam
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:29
Last Modified: 16 Apr 2019 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31403

Actions (login required)

View Item View Item