TV Religi Penjaga Aswaja (Sejarah dan Perkembangan TV9) Tahun 2010-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaya, Vanny Sutiari (2019) TV Religi Penjaga Aswaja (Sejarah dan Perkembangan TV9) Tahun 2010-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vanny Sutiari Jaya_A92215059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “TV Religi Penjaga Aswaja (Sejarah TV9 Nahdlatul Ulama-Jatim) Tahun 2010-2019” ini fokus mengkaji permasalahan (1) Sejarah berdirinya TV9 (2) Perkembangan dan program TV9 (3) Nilai-nilai Aswaja di dalam program TV9. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, yaitu proses menguji dan menganalisis peristiwa sejarah untuk menemukan data yang otentik dan dapat di percaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Data – data penelitian di dapat dari penelusuran sumber terkait, baik yang di tulis oleh sejarawan sezaman atau yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut di pilih sesuai tema bahasan yang di ambil dan di analisis untuk di peroleh data yang sesuai kemudian baru di tulis. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Historis (perspektif diakronis) dan pendekatan deskriptif narative, dengan pendekatan historis (perspektif diakronis) penulis bertujuan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Sedangkan pendekatan deskriptif narative untuk menggambarkan dan menganalisis perkembangan program acara TV9 dan nilai-nilai Aswaja yang ada di program TV9. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori ketergantungan media (media dependency theory) menurut Sandra Ball Rokeach dan Melvin Defleur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Berdirinya TV9 di awali dari rasa keprihatinan dan kepeduliaan dari tiga kader NU yakni, H Misbahul Munir, Hakim Jayli, Ahmad Taufik Arsyeb yang merasakan kegelisahan bersama mengenai problem moral akibat tayangan televisi. Serta mimpi untuk membuatkan televisi bagi pesantren dan Nahdlatul Ulama. (2) Program-program TV9 mengalami perkembangan yang pesat, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Pada awal berdirinya PASTV hanya memiliki 2 program yakni kiswah dan ceplas-ceplos news kemudian mengalami penambahan program ketika menjadi TV9 yakni 5 konten program, kiswah, talk show, news magazine, music, dan sinema. Secara kualitatif, program-program yang di tawarkan TV9 lebih bervariaif terutama banyak yang fokus pada penguatan nilai-nilai ke Aswajaan. (3) Program-program TV9 hampir semuanya bertujuan untuk menjaga, mengembangkan, menyebarkan, dan melestarikan nilai-nilai KeAswajaan. nilai at-Tawazun (keseimbangan) tercermin dalam program sinema, nilai at-Tasamuh (toleran) tercermin dalam program kiswah (apa kata Bu Nyai), dan nilai at-Tawasuth (moderat) tercermin dalam program music (tembang sahara, musik info, tangga lagu pesantren, shallu alan nabi, yuk kita shalawatan, dan religi gambus).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaya, Vanny SutiariVannysutiarijaya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Telekomunikasi
Uncontrolled Keywords: Sejarah; Perkembangan; TV9
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Jaya Vanny Sutiari
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:47
Last Modified: 16 Apr 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item