Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan Strategi Qurat Al-Kalam Materi Al-Usrah Fi Al Bait siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Siti Rohmatul (2019) Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan Strategi Qurat Al-Kalam Materi Al-Usrah Fi Al Bait siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SITI ROHMATUL KARIMAH_D07215043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampiilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV di MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya. Hal ini disebabkan siswa masih belum bisa mendemonstrasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa Arab. Dikarenakan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) guru hanya menggunakan metode konvensional atau ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam menanggapi hal tersebut, maka dengan menggunakan strategi Qurat Al-kalam melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan strategi Qurat Al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara materi Al-Usrah Fi AlBait siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya. (2) Untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara materi Al-Usrah Fi Al-Bait setelah menggunakan strategi Qurat Al-Kalam siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya. Metode penelitian ini merupakan PTK yang menggunakan model kurt lewin yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Buntaran Surabaya yang terdiri dari 21 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menggunakan strategi Qurat Al-Kalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, non tes (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penggunaan strategi Qurat Al-Kalam telah dilakukan dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru memperoleh nilai 73,80 (cukup), kemudian meningkat memperoleh nilai 97,61 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 71,87 (cukup) kemudian meningkat memperoleh nilai 93,75 (sangat baik) pada siklus II. (2) Keterampilan berbicara siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil persentase ketuntasan siswa pada pra siklus yakni, 23,80% (sangat kurang), kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 52,38% (kurang), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90,47% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Siti Rohmatulsitirohmatulkarimah04@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keterampilan Berbicara; Strategi Qurat Al-Kalam; Materi Al-Usrah Fi Al Bait
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Karimah Siti Rohmatul
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:42
Last Modified: 16 Apr 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31387

Actions (login required)

View Item View Item