فوائد الزيادات في الأفعال الثلاثية في كتاب بلوغ المرام للإمام الحافظ ابن حجر العسقلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutmainnah, Nur Fitri (2019) فوائد الزيادات في الأفعال الثلاثية في كتاب بلوغ المرام للإمام الحافظ ابن حجر العسقلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitri Mutmainnah_A71215084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Shorof adalah salah satu ilmu yang terpenting dalam mengkaji Bahasa Arab, karena objek kajian ilmu ini membahas tentang perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Di dalam Ilmu Shorof, fi’il (kata kerja) dari segi jumlah huruf aslinya terbagi menjadi dua, yaitu: fi’il tsulatsi (terdiri dari 3 huruf asli) dan fi’il ruba’i (terdiri dari 4 huruf asli). Sementara dari segi keaslian hurufnya juga terbagi menjadi dua, yaitu: mujarrod (tanpa tambahan huruf) dan mazid (ada tambahan huruf). Penambahan dalam suatu kata kerja memiliki tujuan tertentu sehingga dapat memunculkan makna baru yang disebut dengan faidah. Kitab Bulughul Maram disusun oleh Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani, yang terdiri dari 1596 hadits. Kitab ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fiqih oleh para ahli fiqih, disertai dengan penjelasan singkat mengenai status hadits dilihat dari sisi sanad dan matannya. Adapun pokok permasalahan dalam pembahasan ini: 1. Wazan-wazan tambahan didalam fi’il tsulatsi pada kitab Bulughul Maram. 2. Faidah-faidah tambahan didalam fi’il tsulatsi pada kitab Bulughul Maram. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu penulis memahami fi’il-fi’il tsulatsi mazid dalam ilmu shorof yang terdapat pada kitab Bulughul Maram, dan meneliti bentuk beserta wazan, serta menentukan faidah-faidahnya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa didalam kitab Bulughul Maram bab thaharah dan buyu’ terdapat 92 kata yang terdiri dari 49 fi’il tsulatsi mazid biharfin (tambahan satu huruf) dengan wazan: أَفْعَلَ ditemukan 24 kata dengan 5 faidah yaitu للتعدية, ولقصد المكان, وللصيرورة, وللحينونة, وللتعريض, wazanفَعَّلَ ditemukan 24 kata dengan 4 faidah yaitu للتعدية, وللدلالة على التكثير,ولنسبة المفعول إلى أصل الفعل, ولاتّخاذ الفعل من الاسم, dan wazanفَاعَلَ ditemukan 12 kata dengan faidahللمشاركة بين اثنين, sedangkan fi’il tsulatsi mazid biharfain (tambahan dua huruf) berjumlah 31 kata dengan wazan: اِنْفَعَلَ ditemukan 4 kata dengan 1 faidah yaitu لمطاوعة, wazanاِفْتَعَلَ ditemukan 17 kata dengan 4 faidah yaitu لمعنى فَعَلَ, ولمطاوعة فَعَلَ, وللاتّخاذ, ولزيادة المبالغة في المعنى, wazanتَفَاعَلَ ditemukan 2 kata dengan 1 faidah yaitu للمشاركة بين اثنين فأكثر, dan wazanتَفَعَّلَ ditemukan 8 kata dengan 4 faidah yaitu للتكلف, وللدلالة على حصول أصل الفعل مرّة بعد أخرى, ولمطاوعة فَعَّلَ, وللطلب, terdapat 12 kata tsulatsi mazid bitsalatsati ahruf (tambahan tiga huruf) dengan wazanاِسْتَفْعَلَ ditemukan 12 kata dengan 3 faidah yaitu لمعنى فعل المجرد,ولطلب الفعل, وللتحول.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutmainnah, Nur Fitrinurfitrimutmainnah91@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Fi’il Tsulatsi; Kitab Bulughul Maram; Imam Al Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mutmainnah Nur Fitri
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:45
Last Modified: 15 Apr 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31384

Actions (login required)

View Item View Item