Kesetaraan gender dalam pendidikan islam: studi komparasi pemikiran R.A Kartini dan M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Siti Nur Aisyah (2019) Kesetaraan gender dalam pendidikan islam: studi komparasi pemikiran R.A Kartini dan M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Aisyah Amalia_D01215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kesetaraan gender dalam pendidikan Islam perspektif R.A Kartini ?(2) Bagaimanakesetaraan gender dalam pendidikan Islam perspektif M. Quraish Shihab? (3) Bagaimanapersamaan dan perbedaan kesetaraan gender dalam pendidikan Islam perspektif R.A Kartini dan M. Quraish Shihab ?.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketimpangan gender dalam hal pendidikan yang masih terjadi di era modern ini.Dalam realitas yang kita jumpai pada masyarakat tertentu terdapat adat kebiasaan yang tidak mendukung dan bahkan melarang keikutsertaan perempuan dalam pendidikan formal. Padahal, pendidikan untuk kaum perempuan sangatlah penting. R.A Kartini adalah salah satu tokoh wanita yang pernah memperjuangkan kesetaraan gender dan M. Quraish Shihab adalah salah satu mufassir yang juga pernah menulis dan mengkaji tentang kesetaraan gender. Mereka berdua adalah dua tokoh yang tidak setuju jika ada ketidakadilan gender.Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai kajian teori tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam perspektif R.A Kartini dan M. Quraish Shihab.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah). Adapun sumber datanya diambil dari data primer yaitubuku Habis Gelap Terbitlah Terang yang merupakan kumpulan dari surat-surat R.A Kartini dan Tafsir Al Misbahkarya M. Quraish Shihab, sertadata sekunder berupa buku-buku mengenai kesetaraan gender lainnya.Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terkait studi komparasi konsep kesetaraan gender dalam pendidikan Islam perspektif R.A Kartini dan M. Quraish Shihab, maka didapatkan hasil : Laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan mereka, yang membedakan hanyalah ketaqwaanya. Jadi, laki-laki dan perempuan memiliki porsi yang sama untuk mengenyam pendidikan yang layak. Pentingnya pendidikan bagi perempuan adalah nantinya perempuan akan menjadi seorang ibu, yang mana ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anaknya dalam penanaman nilai-nilai moral dan keislaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Siti Nur Aisyahsnaisyahamalia27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender; Pendidikan Islam; R.A Kartini; M. Quraish Shihab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Siti Nur Aisyah
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:30
Last Modified: 15 Apr 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item View Item