الجناس والسجع في سورة الشعراء: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ama, Hijriyatul Maslakha (2019) الجناس والسجع في سورة الشعراء: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hijriyatul Maslakha Ama_A01215014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan judul Jinas dan Saja’ dalam surat Asy-Syu’ara،salah satu dari objek kajian ilmu Badi’ dengan melihat segi keindahan lafadz suatu kalimat sebagai pendekatan. Keindahan lafadz disebut dengan Muhassinat Al-Lafdziyyah yang meliputi Jinas، Saja’، Iqtibas. Peneliti mengkhususkan permasalahan yang dikemukakan pada pembahasan ini adalah: 1. Apa macam-macam jinas dalam surat asy-syu’ara،2. Apa macam-macam saja’ dalam surat asy-syu’ara? Dalam pembahasan ini penulis menggunakan surat Asy-Syu’ara sebagai objek kajian، surat Asy-Syu’ara terdiri dari 227 ayat termasuk golongan surat makkiyah. Dinamakan Asy-Syu’ara (kata jamak dari Asy-Sya’ir yang berarti penyair) diambil dari kata Asy-Syu’ara yang terdapat pada ayat 224. Para penyair-penyair itu mempunyai sift-sifat yang jauh berbeda dengan para rasul-rasul mereka diikuti oleh orang-orang yang sesat dan mereka suka memutar balikkan lidah dan tidak mempunyai pendirian. Oleh karena demikian tidak patut nila nabi Muhammad SAW dituduh sebagai penyair، dan Al-Qur’an dituduh sebagai syair، Al-Qur’an adalah wahyu Allah، bukan buatan manusia. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji tentang keindahan lafadz pada surat Asy-Syu’ara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian ilmu balaghah، metode deskriptif kualiatif adalah penelitian yang menekankan pada kedalaman data، semakin dalam detail data yang didapatkan، maka semakin baik kualitasnya. Sebagaimana data yang diperoleh merupakan kalimat dari teks dalam surat Asy-Syu’ara. Dengan sumber data al-Qur’an al-Karim. Adapun tahap-tahap penelitian adalah membaca dan memahami konsep-konsep atau teori-teori yang berkaitan dengan Jinas dan Saja’. Mengumpulkan data berdasarkan refrensi yang berhubungan dengan pembahasan dan menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah peneliti menemukan bahwa dalam surat asy-syu’ara terkandung Jinas tam yang terdapat pada ayat 18 dan 112، Jinas ghoiru tamterdapat pada ayat 19،118...، Dan sajak muthorrof terdapat pada ayat (2،3) (4،5)..dan mutawazi pada ayat (40، 41)، (55، 56).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ama, Hijriyatul Maslakhahijriyahama@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Uncontrolled Keywords: Jinas dan Saja’; Surat Asy Syu’ara
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ama Hijriyatul Maslakha
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:34
Last Modified: 15 Apr 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31373

Actions (login required)

View Item View Item