Strategi Pendistribusian Zakat Melalui Program Jatim Peduli Di Baznas Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Antika, Prihar Yusmi (2019) Strategi Pendistribusian Zakat Melalui Program Jatim Peduli Di Baznas Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prihar Yusmi Antika_B94215037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah strategi pendistribusian zakat melalui program Jatim peduli di Baznas Provinsi Jawa Timur.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan triangulasi data dan meningkatkan ketekunan untuk menguji keabsahan data. Selain itu, juga digunakan untuk pengecekan data dari berbagai sumber. Selanjutnya, peneliti memilah-milah data, menyajikan data, dan menganalisis data secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa keberhasilan dalam pendistribusian zakat adalah dengan menerapkan strategi. Strategi yang digunakan lembaga baznas dalam pendistribusian zakat melalui program Jatim peduli meliputi penetapan tujuan pendistribusian, analisis kekuatan, kelamahan, peluang dan ancaman, penetapan objek atau sasaran pendistribusian, perencanaan pendistribusian zakat dan metode atau cara yang digunakan dalam mendistribusikan zakat khususnya melalui program Jatim peduli. Rencana yang diterapkan adalah dengan melakukan survei dan assesment. Survei dan assesment bertujuan untuk melihat dan menentukan calon mustahik sebelum bantuan disalurkan. Metode atau cara yang digunakan untuk mendistribusikan zakat ada dua yaitu secara langsung dan tidak langsung. Metode secara langsung yaitu dengan memerikan zakat langsung kepada mustahik. Sedangkan metode tidak langsung dilakukan dengan bantuan relawan maupun baz kabupaten atau kota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Antika, Prihar Yusmiantikawae@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendistribusian; Pendistribusian Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Antika Prihar Yusmi
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:25
Last Modified: 16 Apr 2019 03:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31369

Actions (login required)

View Item View Item