Sinergitas kinerja Guru PAI, Guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta'miriyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hukmiyah, Hema Nisaul (2019) Sinergitas kinerja Guru PAI, Guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta'miriyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hema Nisaul Hukmiyah_D01215015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan Negara. Pendidikan formal di sekolah terdapat beberapa komponen, salah satunya yaitu guru. Guru salah satu ujung tombak dari keberhasilan pendidikan. Selain guru juga ada siswa. Berbagai siswa yang ada di sekolah pasti ada yang baik dan ada yang melanggar tata tertib. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang bermasalah dengan menunjukkan berbagai gejalan kenakalan, begitu juga adanya kinerja yang baik yang dilakukan oleh bapak dan ibu guru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa tersebut. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya. (2) Bagaimana bentuk kenakalan siswa yang dilakukan di SMP Ta’miriyah Surabaya. (3) Bagaimana sinergitas kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya, (2) Mengetahui bentuk kenakalan siswa yang dilakukan di SMP Ta’miriyah Surabaya, (3) Mengetahui sinergitas kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Sumber data yang digunakan yaitu data-data primer dan data sekunder dari guru SMP Ta’miriyah Surabaya. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas berdasarkan kompetensi, pemberian bantuan bimbingan yang diberikan oleh guru PAI adalah bimbingan dari segi keagamaan, sedangkan dari guru BK adalah dari segi psikologi, sedangkan wali kelas mengkomunikasikan dengan siswa dan orang tua (2) Kenakalan yang dilakukan oleh siswa tergolongan dalam kenakalan ringan yaitu masih dalam batasan melanggar tata tertib sekolah. (3) Sinergitas kinerja guru PAI, guru BK dan wali kelas sudah terjalin hanya saja kurang efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hukmiyah, Hema Nisaulhemanisaul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Sinergitas Kinerja Guru PAI; BK; Wali Kelas; Mengatasi Kenakalan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hukmiyah Hema Nisaul
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:19
Last Modified: 16 Apr 2019 01:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item