Pengaruh akun Instagram Muslim Designer Community terhadap minat dakwah masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Kukuh Wahyu (2019) Pengaruh akun Instagram Muslim Designer Community terhadap minat dakwah masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kukuh Wahyu Wulandari_B91215092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari akun Instagram Muslim Designer Community terhadap Minat Dakwah Masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menjadikan masyarakat followers Akun Instagram Muslim Designer Community yang menyukai postingan akun Instagram Muslim Designer Community sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling acak atau random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner (angket) yang dikemas dalam bentuk google form dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Uji validitas diperoleh dari hasil analisis pengukuran instrumen menggunakan skala Likert. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16 for windows dengan analisis data korelasi product moment Pearson dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang mempengaruhi antara akun Instagram Muslim Designer Community terhadap Minat Dakwah Masyarakat dengan nilai koefisien korelasi r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,708>0,279 yang berarti tingkat hubungannya tergolong kuat. Terdapat pengaruh yang positif dalam bidang minat berdakwah bagi masyarakat yang telah menjadi Masyarakat, membaca dan menyukai postingan akun Instagram Muslim Designer Community. Peneliti berharap suatu saat nanti masyarakat dapat menggunakan media sosial terutama Instagram dengan baik dan untuk komunitas atau organisasi dakwah lebih mengutamakan isi dan mengemas konten dakwah terlihat makin menarik minat dan bermanfaat bagi masyarakat followers yang merimanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Kukuh Wahyucoco_wulandari@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Instagram; Minat Dakwah; Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wulandari Kukuh Wahyu
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:26
Last Modified: 16 Apr 2019 01:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31352

Actions (login required)

View Item View Item