Kebijakan Kementerian Agama dalam pengembangan pendidikan Islam pada masa KH.A. Wahid Hasyim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Achmad (2019) Kebijakan Kementerian Agama dalam pengembangan pendidikan Islam pada masa KH.A. Wahid Hasyim. Masters thesis, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Afandi_F02316045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Islam mengalami perkembangannya dengan secara terbuka terjadi ketika Republik Indonesia telah mengalami kemerdekaan. Dibentuknya kementerian agama adalah bentuk dari perhatian pemerintah terhadap umat Islam. Kebijakan-kebijakan terkait pendidikan Islam pun mulai banyak dicanangkan tidak terkecuali pada masa KH. Abdul Wahid Hasyim. Banyak kebijakan yang dibuat beliau terkait pendidikan Islam selama menjabat menteri agama. Kebijakan tersebut dibuat semata-mata demi berkembangya pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui kebijakan kementerian Agama dalam pengembangan pendidikan Islam pada masa KH. Abdul Wahid Hasyim. 2. Untuk mengetahui langkah KH. Abdul Wahid Hasyim dalam pengembangan pendidikan Islam. 3. Untuk mengetahui implikasi kebijakan pendidikan Islam pada masa KH. Abdul Wahid Hasyim dengan pengembangan pendidikan Islam masa sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kebijakan. Rumusan serta isi dari kebijakan yang menjadi inti pembahasan. Data diperoleh melalui studi pustaka yang bersifat mendalam dan menyeluruh. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif-analisis, yakni dengan memberikan gambaran secara utuh tentang kebijakan dalam pengembangan pendidikan Islam. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisi isi (analysis content) berdasarkan konsep dan prinsip pendidikan Islam. Teori yang digunakan adalah teori kebijakan. Adapun kesimpulan yang berhasil dirumuskan berdasarkan fokus penelitian. Paparan data dan temuan serta analisis pembahasan, adalah sebagai berikut: 1. Kebijakan yang pernah dibuat oleh KH. Abdul Wahid Hasyim terkait pengembangan pendidikan Islam sebagai berikut: a. Penyeimbangan ilmu agama dan umum, b. Berdirinya PTAIN, c. Berdirinya SGAI. 2. Implikasi kebijakan KH. Abdul Wahid Hasyim dengan masa sekarang adalah banyak kebijakannya yang masih sesuai dengan masa sekarang dan ada juga yang mengalami perubahan kearah kemajua, seperti: saat ini pendidikan karakter yang lagi digalakkan oleh pemerintah yang mana pendidikan agama lah yang mempunya peran penting dalam mendidik karakter siswa. STAIN yang banyak fakultas agamanya bertransformasi menjadi IAIN dan UIN dengan keilmuan yang luas dan umum. SGAI yang setara dengan Sekolah Menengah Atas sekarang berpindah ke Fakultas Tarbiyah jika ingin menjadi guru agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Achmadachmadafandi462@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Kebijakan Kementerian Agama; KH. Abdul Wahid Hasyim
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afandi Achmad
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:03
Last Modified: 15 Apr 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31333

Actions (login required)

View Item View Item