Strategi pengawasan dan pengendalian sumber daya manusia di LAZNAS Nurul Hayat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatin, Afifatur (2019) Strategi pengawasan dan pengendalian sumber daya manusia di LAZNAS Nurul Hayat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatur Rohmatin_B94215028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Strategi pengawasan pengendalian SDM dan faktor pendukung serta penghambatnya di LAZNAS Nurul Hayat. LAZNAS Nurul Hayat merupakan lembaga sosial yang bersertifikasi Nasional dan mempunyai beberapa unit bisnis. Nurul Hayat mempunyai 26 cabang dan 550 SDM di seluruh Nusantara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Deskrptif. Tujuan penelitian ini bersifat menggambarkan fokus penelitian sesuai keadaan objek yang ada. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dengan menggunakan deskriptif, analisis data dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusions drawing.Penelitian ini menemukan, bahwa strategi pengawasan dan pengendalian SDM yang dilakukan oleh LAZNAS Nurul Hayat adalah dengan cara melalukan pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Pengawasan langsung dilakukan pada rapat sebelum masuk jam kerja, kegiatan keagamaan, dan Apel senin pagi. Pengawasan tidak langsung (online) dengan aplikasi google drive yaitu KPI (key performance indicator) dan BSC (balance score card). Cara yang efektif untuk mengendalikan SDM adalah pemberian punishment, evaluasi, dan pemberian reward. Manfaat dari pengawasan dan pengendalian adalah dapat melakukan kegiatan sesuai target dan berjalan baik. Pengawasan dan pengendalian SDM di LAZNAS Nurul Hayat tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung yang membuatnya lancar dan beberapa faktor penghambat yang menyebabkan sedikit terkendala. Adapun faktor pendukung pengawasan dan pengendalian adalah fasilitas kantor (Handphone, Wi-Fi, komupter, dan transportasi), adanya sistem yang jelas, adanya kantor, komunikasi yang baik, dan Lingkungan. Faktor penghambat pengawasan dan pengendalian SDM adalah aspek SDM, aspek sarana prasana, dan waktu. Aspek SDM terdiri dari komunikasi antar SDM. Aspek sarana prasarana adalah koneksi Wi-Fi terputus, komputer rusak, dan mati lampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatin, Afifaturafifrohmat.97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Dakwah > Dakwah - Manajemen
Uncontrolled Keywords: Strategi pengawasan dan pengendalian; LAZNAS Nurul Hayat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rohmatin Afifatur
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:05
Last Modified: 15 Apr 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item