Optimalisasi pendayagunaan Infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiri di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustikhawati, Novi (2019) Optimalisasi pendayagunaan Infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiri di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Mustikhawati_B04215019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pendayagunaan infak, langkah-langkah yang dilakukan YDSF Surabaya dalam mengoptimalkan pendayagunaan infak, faktor pendukung dan faktor penghambat optimalisasi pendayagunaan infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiri di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasi), metode wawancara (interview), dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah reduksi data (data reduction), penyajian data(data display), dan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing or verification). Penelitian ini menemukan, bahwa bentuk pendayagunaan infak pada Program Komunitas Usaha Mandiri adalah pemberdayaan. Langkah-langkah yang dilakukan YDSF Surabaya dalam mengoptimalkan pendayagunaan infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiri adalah melakukan studi kelayakan. Membentuk dan menentukan ketua komunitas. Melaksanakan bimbingan berupa motivasi moril atau ta’lim, pelatihan usaha, dan mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha.Promosi online melalui website komunitas usaha mandiri. Melakukan pengawasan.Melakukan Evaluasi.Membuat laporan dan melaksanakan rapat koordinasi bulanan.Adapun faktor pendukung optimalisasi pendayagunaan infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiridi YDSF Surabaya adalah permodalan berupa bantuan pinjaman modal usaha dengan akad qardhul hasan.Pembinaan berupa ta’lim.Workshop atau pelatihan. Mitra kerja, Program Komunitas Usaha Mandiri bekerjasama dengan konsultan pendamping ekonomi.Pemasaran berupa YDSF Surabaya menyediakan website untuk promosi online anggota komunitas usaha mandiri. Adapun faktor penghambat optimalisasi pendayagunaan infak melalui Program Komunitas Usaha Mandiridi YDSF Surabaya adalah permodalan dapat dilihat dari anggota belum mampu mengelola atau mengatur keuangannya serta dana tidak digunakan sesuai amanah.SDM dapat dilihat dari koordinator belum mampu menghandel anggota, terbatasnya team Program Komunitas Usaha Mandiri dan belum maksimalnya pendampingan yang dilakukan oleh mitra pihak ketiga. Jaringan usaha dan penetrasi pasar belum dimanfaatkan secara optimal, yaitu sebagian besar anggota belum mengetahui website promosi online.Faktor ekonomi membuat anggota belum mengalami kemajuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustikhawati, NoviNovimustikhawati@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi pendayagunaan infak; komunitas usaha mandiri; Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mustikhawati Novi
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:10
Last Modified: 15 Apr 2019 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item