Kontekstualisasi hadis silaturrahmi melalui media sosial: Kajian Ma‘ani al-Hadith dalam Sunan Abu Dawud No. Indeks 1693

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah, Umi (2019) Kontekstualisasi hadis silaturrahmi melalui media sosial: Kajian Ma‘ani al-Hadith dalam Sunan Abu Dawud No. Indeks 1693. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Umi Aisah_E95215061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Silaturrahmi merupakan suatu kebaikan yang dilakukan kepada orang lain baik sanak kerabat, saudara, teman maupun yang tidak dikenal. Salah satu fenomena yang terjadi ditengah masyarakat saat ini adalah silaturrahmi dengan menggunakan media sosial sebagai bentuknya. Akan tetapi, pada zaman dahulu silaturrahmi dilakukan dengan saling bertemu atau saling berkunjung. Karena teknologi semakin canggih maka masyarakat memanfaatkan teknologi tersebut sebagai alat perantara untuk bersilaturrahmi. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melakukan penelitian terhadap pemaknaan tentang kontekstualisasi hadis silaturrahmi melalui media sosial untuk mengetahui apakah silaturrahmi menggunakan media sosial juga dapat keutamaan dari silaturrahmi itu sendiri dan juga apakah kualitas, kehujjahan dan pemaknaan hadis ini. Sehingga dalam pengumpulan data menggunakan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad maupun matan dan teori pemaknaan. Adapun dalam penelitian hadis tentang silaturrahmi ini menghasilkan bahwa hadis tersebut bernilai sahih li Dhatihi karena adanya sanad yang muttasil dari perawi pertama sampai akhir semuanya bersifat thiqah dan tidak ditemukan adanya shadh dan ‘illat baik dari segi sanad maupun matannya. Maka hadis ini dikategorikan sebagai hadis yang maqbul wa ma‘mulin bihi sehingga dapat dijadikan sebagai hujjah. Jika dilihat dari segi objeknya hadis ini termasuk marfu’ karena hadis ini langsung di sandarkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan metode Ma’ani al-Hadith yang digunakan, menghasilkan makna bahwa orang yang menjalin silaturrahmi akan mendapatkan keberkahan umur dan juga keberkahan dalam rizki. Kemudian dalam pemakaan silaturrahmi dikontekstualisasikan dengan sekarang, bahwa silaturrahmi dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan menggunakan media sosial karena media sosial sebagai perantara. Maka silaturrahmi dengan menggunakn media sosial juga tercapai. Sehingga seseorang yang bersilaturrahmi melalui media sosial juga mendapatkan keutamaan silaturrahmi sesuai dengan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah, Umiaisyahumi067@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Masyarakat
Hadis
Uncontrolled Keywords: Silaturrahmi; Media sosial; Ma’ani al-Hadith; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Aisah Umi
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:45
Last Modified: 16 Apr 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31319

Actions (login required)

View Item View Item