Penanaman nilai-nilai spiritual siswa di SMP Al Azhar Kelapa Gading Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjani, Rovi Lailatul (2019) Penanaman nilai-nilai spiritual siswa di SMP Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rovi Lailatul Anjani_D91215111.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang membentuk pola pikir dan kepribadian manusia. Pada era globalisasi ini, manusia tidak diserang melalui peperangan, melainkan melalui perusakan moral. Hal ini menjadi pertimbangan dalam mendidik dan membentuk kepribadian anak agar tidak terjerumus ke dalam nilai-nilai yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Penanaman nilai-nilai spiritual menjadi dasar dalam memberikan pondasi terhadap anak-anak dalam memerangi perubahan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Metode Penanaman Nilai, 2) Tahapan Penanaman Nilai, dan 3) Hasil dari Penanaman Nilai-nilai Spiritual Siswa di SMP Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bermaksud menggambarkan bagaimana metode, tahapan, dan hasil dari penanaman nilai-nilai spiritual siswa di SMP Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Subyek penelitiannya adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan SMP Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa hasil wawancara pihak sekolah dan siswa, observasi lapangan, dan dokumentasi yang ada. Hasil yang diperoleh dari lapangan menunjukkan: 1) metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai spiritual menggunakan metode pembiasaan melalui pembiasaan dalam berbagai kegiatan dan metode keteladanan melalui teladan yang diberikan oleh para guru, staf, dan karyawan sekolah, 2) tahapan dalam menanamkan nilai dimulai dari pemberian pengetahuan (transformasi nilai), penyadaran (transaksi nilai), dan pengamalan (trans-internalisasi nilai), 3) hasil dari penanaman nilai sudah menunjukkan hasil yang bagus. Siswa sudah membiasakan nilai-nilai spiritual dalam tingkah lakunya sehari-hari, baik saat di rumah maupun di sekolah. Meskipun terkadang masih ada perilaku yang sedikit menyimpang atau mereka menerapkan nilai-nilai tersebut karena ada keterpaksaan atau hanya sekedar menjalankan tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjani, Rovi Lailatulrovirava26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai; Nilai Spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anjani Rovi Lailatul
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:43
Last Modified: 15 Apr 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31315

Actions (login required)

View Item View Item