Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman Al Qur'an Hadis materi niat pada peserta didik kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Nurul (2019) Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman Al Qur'an Hadis materi niat pada peserta didik kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Afidah_D07215035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran dikelas dikategorikan monoton dan berpusat kepada guru. Beberapa peserta didik cenderung ramai dan bosan. Prosentase ketuntasan belajar sebesar 32,14% dan hanya 9 peserta didik yang mencapai KKM. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis materi Niat pada peserta didik kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo?(2) Bagaimana peningkatan pemahaman Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis materi Niat dengan model kooperatif tipe snowball throwing pada peserta didik kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo.Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV A MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis materi Niat berjalan dengan baik. Hasil tiap siklus meningkat. Perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 74,16 (Cukup) meningkat pada siklus II menjadi 78,33 (Baik). Hasil nilai aktivitas peserta didik pada siklus I 73,43 (Cukup) pada siklus II meningkat menjadi 81,25 (Baik). 2) Pemahaman peserta didik mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing. Hasil pra siklus nilai rata-rata peserta didik 68,75 dengan prosentase keberhasilan 32,14% (Kurang), meningkat pada siklus I menjadi 73,75 dengan prosentase 46,42% (Kurang),kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 85,71dengan prosentase 78,57% ( Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Nurulnurulafida4220@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Hadis
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Materi Niat; Model Snowball Throwing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afidah Nurul
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:44
Last Modified: 16 Apr 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31314

Actions (login required)

View Item View Item