Peningkatan hasil belajar pembelajaran Matematika pada materi Volume Kubus dan Balok dengan media menggunakan media Pop Up Book di Kelas V MI Tasbiyatul Aulad Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Winda Yunifa (2019) Peningkatan hasil belajar pembelajaran Matematika pada materi Volume Kubus dan Balok dengan media menggunakan media Pop Up Book di Kelas V MI Tasbiyatul Aulad Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Yunifa Firdaus_D97215081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pop up terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok kelas V MI Tarbiyatul Aulad. Karena dilihat dari pra siklus, hasil belajar pada materi ini rendah, hanya ada 5 siswa yang tuntas sedangkan 11 siswa lainnya masih mendapat nilai di bawah KKM. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media pop up. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran dikelas V MI Tarbiyatul Aulad dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok dengan menggunakan media pop up? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok sesudah menerapkan media pop up? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yakni siklus I dan siklus II, dimana setiap siklusnya mempunyai empat tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang yang terdiri dari 16 siswa. Data penelitian diperoleh dari wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media pop up sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 80,5 menjadi 87,5 pada siklus II dengan kategori “Baik”. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 77,5 pada siklus II nmengalami peningkatan menjadi 82,95 dengan kategori “Baik”. 2) hasil belajar setelah menggunakan media pop up juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 63,6 dan mengalami peningkatan sebesar 79,9 pada siklus II dengan kategori “Baik”. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 43,75% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 75% (Cukup).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Winda Yunifawindayunifafirdaus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Pop Up; Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Firdaus Winda Yunifa
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:09
Last Modified: 16 Apr 2019 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31308

Actions (login required)

View Item View Item