Usaha kripik Singkong untuk meningkatkan ekonomi pengusaha dalam prespektif ekonomi Islam: studi kasus di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Maulina Widi (2019) Usaha kripik Singkong untuk meningkatkan ekonomi pengusaha dalam prespektif ekonomi Islam: studi kasus di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulina Widi Astutik_G74215077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Usaha Kripik Singkong Untuk Meningkatkan Ekonomi Pengusaha Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab tentang bagaimana faktor pendukung dan penghambat usaha kripik singkong untuk meningkatkan perekonomian pengusaha dan bagaimana usaha kripik singkong untuk meningkatkan ekonomi pengusaha dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatf diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulam data yang dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha kripik singkong dan karyawan usaha kripik singkong. Hasil penelitian yang diperoleh adalah proses produksi Industri rumahan yang memproduksi makanan tradisional di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dilakukan secara sederhana. Usaha industri rumahan yang memproduksi kripik singkong di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan sudah sejalan dengan syari’at Islam karena tidak adanya hal yang melanggar dalam produksinya. Walaupun belum mempunyai izin usaha dan label halal. Dalam memproduksi kripik singkong yaitu bahan baku yang digunakan halal. Dalam pembuatannya juga tidak ada yang menyimpang dari syari’at Islam. Dan usaha ini telah meningkatkan perekonomian pengusaha di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Mekanis meproduksi secara umum melalui proses produksi yang terdiridari input, pengelolaan, dan output. Input terdiri dari faktor-faktor produksi yaitu: bahan baku, modal, tenaga kerja, teknologi dan manajemen. Pengelolaannya berupa persiapan membuat adonan dan memasak sampai matang, dan outputnya berupa makanan jadi yaitu kripik singkong dan akhirnya kripik singkong tersebut siap di pasarkan. Faktor pendukung home industry yang memproduksi kripik singkong adalah tingginya minat beli masyarakat serta mudah yang memasarkan produk industri rumahan di Kecamatan Sambeng dan Kecamatan Ngimbang, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki masyarakat setempat, keinginan yang kuat dari masyarakat untuk meningkatkan pendapatan serta modal untuk memulai usaha home industry. Sementara yang menjadi factor penghambat dalam industry rumahan adalah produk mudah rusak dan tidak tahan lama, lemahnya jaringan usaha, terbatasnya sarana dan prasana usaha, pesaing pasar yang begitu banyak. Dengan faktor pendukung dan penghambat tersebut usaha industry rumahan telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama masyarakat yang bekerja di home industry kripik singkong tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Maulina Widimaulinalina21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Usaha home industry; Peningkatan ekonomi; Perspektif ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Astutik Maulina Widi
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:14
Last Modified: 16 Apr 2019 08:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item