Penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dengan media gambar untuk meningkatkan pemahaman materi Surah al Zalzalah siswa Kelas III SDI Darul Falah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Lahmirza (2019) Penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dengan media gambar untuk meningkatkan pemahaman materi Surah al Zalzalah siswa Kelas III SDI Darul Falah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lahmirza Hanim_D97215093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman siswa yang rendah pada materi surah al-Zalzalah di SDI Darul Falah menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materu dari guru yang belum bervariasi dan tidak menyandarkan pada karakteristik siswa menjadi sebab siswa pasif, kurang mengeksplor kemampuannya, mengutarakan pendapatnya, serta adanya keadaan kelas yang belum kondusif. Model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick dengan media gambar diterapkan bertujuan memberikan perbaikan pemahaman materi surah al-Zalzalah pada siswa dengan menggunakan diskusi kelompok kecil, dan penugasan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan media gambar dapat meningkatkan pemahaman materi surah al-Zalzalah siswa kelas III SDI Darul Falah. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi surah al-Zalzalah setelah menggunakan model kooperatif tipe talking stick dengan media gambar pada siswa siswa kelas III SDI Darul Falah. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Darul Falah pada siswa kelas III dengan jumlah siswa 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dengan perolehan nilai 75 (cukup) pada siklus I menjadi 93,96 (sangat tinggi) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 72,11 di siklus I menjadi 95,11 di siklus II. 2) peningkatan pemahaman siswa materi surah al-Zalzalah memperoleh nilai rata-rata 51,93 pada pra siklus menjadi 74,27 pada siklus I, mingkat lagi menjadi 81,10 pada siklus II. Dan prosentase ketuntasan siswa dari 30,30% (sangat rendah) pada pra siklus, menjadi 54,54% (Rendah) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,81% (sangat baik). Berdasarakan hasil paparan tersebut, tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dnegan media gambar menghasilkan perubahan yang sesuai dengan indikator kinerja yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, Lahmirzalahmirzahanim55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Talking Stick; surah al Zalzalah; Peningkatan Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hanim Lahmirza
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:59
Last Modified: 16 Apr 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31272

Actions (login required)

View Item View Item