Konseling Islam Dengan Sholawat Thibbil Qulub untuk Meningkatkan Spiritualitas pada Penderita Multiple Sclerosis di Desa Belahanrejo Kedamean Gresik

Rifatin, Layla (2019) Konseling Islam Dengan Sholawat Thibbil Qulub untuk Meningkatkan Spiritualitas pada Penderita Multiple Sclerosis di Desa Belahanrejo Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layla Rifatin_B03215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kehidupan, tentulah seseorang membutuhkan orang lain sebagai teman maupun pendamping yang nantinya dapat membantu menyelesaikan masalah yang dialaminya. Konseli disini merupakan perempuan yang menderita penyakit Multiple Sclerosis. Dalam kondisi seperti itu, konseli masih belum bisa menyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya, jika keinginanya belum terpenuhi, konseli selalu berkata kasar kepada ibu dan adiknya, perasaan ingin cepat mati karena konseli beranggapan bahwa hidupnya selalu menyusahkan orang lain.Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Konseling Islam dengan Sholawat Thibbil Qulub untuk Meningkatkan Spiritualitas pada Penderita Multiple Sclerosis di Desa Belahanrejo Kedamean Gresik? (2) Bagaimana Hasil Akhir Konseling Islam dengan Sholawat Thibbil Qulub untuk Meningkatkan Spiritualitas pada Penderita Multiple Sclerosis di Desa Belahanrejo Kedamean Gresik?.Dalam menjawab permasalahan tersebut, metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk meningkatkan spiritualitas pada penderita Multiple Sclerosis di Desa Belahanrejo Kedamean Gresik. Penelitian ini menggunakan sholawat Thibbil Qulub sebagai media bahan bacaan dan terapi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah proses konseling.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses Konseling Islam dengan Sholawat Thibbil Qulub untuk Meningkatkan Spiritualitas pada Penderita Multiple Sclerosis. Terdapat 5 langkah proses konseling yang telah dilakukan yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi atau treatment dengan sholawat Thibbil Qulub yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat sholawat Thibbil Qulub, membaca sholawat tersebut agar dijadikan sebagai doa dan dzikir setiap hari setelah sholat fardhu dengan tujuan seperti makna yang terkandung dalam sholawat Thibbil Qulub yang dapat dijadikan sebagai obat hati agar hati menjadi tenang. Kemudian pemberian motivasi dan konseling kembali untuk melihat seberapa jauh perubahan yang terjadi pada diri konseli. hasil akhir dari konseling ini bisa dikatakan cukup berhasil dengan persentase 66%, dilihat dari adanya perubahan pada sikap, perilaku, ataupun tindakan konseli dari negatif menuju ke arah positif.

Email: laylarifatin@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Cholil, Cholil
Uncontrolled Keywords: konseling Islam; sholawat Thibbil Qulub; spiritualitas; Multiple Sclerosis
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rifatin Layla
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:51
Last Modified: 15 Apr 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31271

Actions (login required)

View Item View Item