Pengaruh Program Pembiasaan Tadarus Al Quran terhadap Kecerdasan Emosional siswa di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahroni, Moh. Anang (2019) Pengaruh Program Pembiasaan Tadarus Al Quran terhadap Kecerdasan Emosional siswa di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Anang Syahroni_D01212089.pdf

Download (16MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan perbuatan yang terpuji dan dimuliayakan oleh Allah SWT, sekalipun kita tidak memahami makna dari ayat Al-Qur’an tersebut itu bukan merupakan hal yang sia-sia, karena dengan membaca Al-Qur’an secara baik dan sungguh-sungguh akan mendapatkan banyak manfaat yang luar biasa, diantaranya ketenangan dan kedamaian dalam hati, karena dalam proses belajar seorang siswa pasti membutuhkan ketenangan dan kedamaian dalam hati dan fikiranya. Selain itu program pembiasaan tadarus Al-Qur’an juga memerikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa, karena dengan rajin membaca Al-Qur’an akan mampu mengendalikan emosinya dan mengarahkanya kepada hal yang positif, seperti bersikap tenang dalam menghadapi masalah, tidak ceroboh dalam mengambil keputusan, peka terhadap lingkungan sekitarnya dan selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam penelitian ini, dilakukan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya dengan total 5 kelas. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VII-C dan VII-B yang berjumlah 46 siswa. instrument dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi, instrument tersebut digunakan untuk mengambil data program pembiasaan tadarus al-Qur’an dan kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel program pembiasaan tadarus Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Hal ini dapat di ketahui dari analisis data secara meneyeluruh tentang kelancaran membaca Al-Qur’an siswa yaitu tergolong dalam kategori sedang dengan nilai 56,68% dengan jumlah 27 siswa dengan nilai rata-rata 11,54, median 10,9, modus 10,8, standar deviasi 2,17, sedangkan untuk kecerdasan emosional siswa juga tergolong dalam kategori sedang dengan nilai 56,51% dengan jumlah 26 siswa dengan nilai rata-rata 111,57, median 112,18, modus 111,58, dan standar deviasi 9,22. Dari perhitungan secara menyeluruh diperoleh hasil 0,078 sebagai rhitung, dan 0,291 sebagai rtabel dari signifikansi N=46 ke 5% didapatkan hasil tersebut. Karena rhitung lebih kecil dari rtabel maka hipotesis tidak dapat diterima. Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara program pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahroni, Moh. Anangglseries93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahroni Mohammad Anang
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:05
Last Modified: 23 Apr 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31260

Actions (login required)

View Item View Item