Efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (ukbm) dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyarofah, Imamatul (2019) Efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (ukbm) dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imamatul Musyarofah_D01215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus Uji T sampel independen. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah: 1) Bagaimana penggunaan UKBM dalam pembelajaran PAI di Sma Negeri 3 Sidoarjo? 2) Bagaimana kemampuan kognitif siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo? 3) Adakah efektifitas penggunaan UKBM dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Diperoleh data sebagai berikut: berdasarkan dari hasil analisis angket mencapai 81% dimana angka prosentase tersebut tergolong kategori baik. Kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari hasil belajar KI 3 siswa pada mata pelajaran PAI, dimana rerata nilai hasil belajar dikelas X mencapai 97.67, sedangkan rerata nilai hasil belajar dikelas XII 93.20. hal ini membuktikan bahwa untuk rerata hasil belajar kelas X lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar di kelas XII. Oleh karena itu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas X dan kelas XII. Untuk uji hipotesis dalam hal ini berlaku ketentuan jika T hitung > T tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan sebaliknya jika T hitung < T tabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dari hasil perhitungan T hitung = 8.082, sedangkan T tabel = 2.02439. Jadi dapat disimpulkan bahwa T hitung > T tabel, maka hipotesis dalam penelitian ini yang dapat diterima yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Dan berdasarkan hasil dari perbandingan harga signifikan yang ada ditabel yaitu diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < harga signifikansi standart (0.05), maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas X dan kelas XII. Dari perhitungan diatas menjelaskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) efektif dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyarofah, Imamatulimamatulmusyarofah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; Unit kegiatan belajar mandiri; UKBM; kognitif siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musyarofah Imamatul
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:31
Last Modified: 15 Apr 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31258

Actions (login required)

View Item View Item