Peran guru PAI dalam menanggulangi siswa yang terindikasi kecanduan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Siti Rofi'ul (2019) Peran guru PAI dalam menanggulangi siswa yang terindikasi kecanduan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rofi'ul Inayah_D01215037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah kenakalan remaja, pergaulan bebas bahkan penggunaan narkoba di kalanngan anak sekolah. Dari hal itu, penulis terinspirasi untuk mengetahui adanya kenakalan penyalahgunaan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya. Di sekitar sekolah merupakan daerah bekas prostitusi terbesar di Jawa Timur. Oleh karena itu, pastilah dengan mudah, penulis akan menemukan beberapa siswa yang terindikasi kecanduan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik siswa yang terindikasi kecanduan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya? (2) Bagaimana Upaya-upaya SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba? (3) Bagaimana kendala yang dialami atau hadapi SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya? (4) Bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi siswa yang terindikasi kecanduan narkoba di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya? Untuk menjawab masalah tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Setelah pengumpulan data dengan ketiga metode tersebut, penulis akan menganalisis sesuai dengan hasil penelitian.Berdasarkan hasil penelitian data dapat diketahui ada lima siswa yang termasuk terindikasi kecanduan narkoba yang telah mengonsumsi beberapa jenis narkoba yang berbeda setiap siswa. Setiap siswa juga memiliki kadar pemakaian, cara memperoleh dan kapan pemakaian narkoba dalam waktu yang berbeda-beda. Telah diketahui pula faktor pengaruh siswa mengonsumsi narkoba. Dari pihak SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya sudah berupaya penuh dalam pencegahan dan penanganan siswa yang terindikasi narkoba disertai dukungan dan kerja sama dengan orang tua siswa, BNN kota Surabaya dan Kepolisian. Namun masih saja kendala yang dialami sekolah dalam penanggulangan narkoba tersebut, diantaranya dari pihak orang tua, teman kelompok (genk) dan lingkungan sekitar sekolah dan rumah siswa, selain itu kendalanya dari sifat narkoba yang hebitual, adiktif dan toleran. Dan dapat diketahui juga bahwa guru PAI berperan penting dalam penanggulangan narkoba bagi siswa di sekolah. Karena guru PAI memotivasi dan membina siswa secara langsung ketika proses pembelajaran PAI, acara keagamaan dan ekstrakulikuler.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Siti Rofi'ulsitirofiulinayah05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Narkotika
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Narkoba; Siswa SMP;Bahrul Ulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rofi'ul Inayah
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:55
Last Modified: 15 Apr 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item View Item