FA’ALIYAH TA’BIR AL QISHAH FI TA’LIM QISHAH BILAL BIN RABAH LI TANMIYAH MAHARAH AL KALAM LI AL SHAF AL ‘ASYAR FI AL MADRASAH AL KHAZINI KEDUNDUNG SAMPANG MADURA : AL BATHS AL SHAF AL ‘ILMI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Junaidil (2015) FA’ALIYAH TA’BIR AL QISHAH FI TA’LIM QISHAH BILAL BIN RABAH LI TANMIYAH MAHARAH AL KALAM LI AL SHAF AL ‘ASYAR FI AL MADRASAH AL KHAZINI KEDUNDUNG SAMPANG MADURA : AL BATHS AL SHAF AL ‘ILMI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA Al-Khoziny.Mata pelajaran ini di rasakan sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa, karena bahasa Arab bukan bahasa percakapan yang kita lakukan dalam sehari-hari selain juga merupakan BahasaAsing.
Salah satu model pembelajaran yang tepat dan dapat yang digunakan untuk memberikan pemahaman dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran guna meningkatkan maharoh kalam dengan mengunakan model bercerita.Model bercerita ini adalah model pembelajaran yang mengekplorasikan kempuan siswa guna menceritakan sebuah pengalaman sehari-hari dalam hal ini pada kisah Bilal Bin Rabeh dengan bahasa mereka sendiri guna meningkatkan maharoh kalam. Artinya diharapkan dengan menggunakan metode bercerita ini siswa dapat mengekpresikan cerita ini menurut batas kemampuan mereka dengan terarah tentang Bilal Bin Rabah dengan terbimbing guru pembimbing.
Maka langkah – langkah yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam penerepan metode ini sebagai berikut : 1.Guru dan siswa mendiskusikan tentang tema cerita yang disetujui dan hal ini kisah Bilal Bin Rabah. 2.Guru membacakan materi Bilal Bin Rabah dengan intonasi dan ekspresi yang tepat dan benar. 3.Siswa mendengarkan dengan seksama dengan apa yang disampaikan oleh guru. 4.Siswa menceritakan kembali apa yang telah dicontohkan oleh guru baik berupa ungkapan-ungkapan atau merangkai kata tentang Bilal Bin Rabah minimal perkalimat atau perpragraf.
Dengan demikian diharapkan siswa merasa senang dan suka dengan mata pelajaran bahasa arab ini karna ternyata mereka mampu melakukannya dengan senang dan tidak merasa hawatir akan salah dalam melafalkan kembali apa yang mereka terima dikarenakan guru memberikan kebebasan kepda peserta didik dalam mengekpresikan cerita Bilal Bin Rabah menurut kemampuan mereka masing-masing.Dan yang lebih penting di sini adalah peran seorang guru agar mampu memotifasi siswa-siswinya lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Rumusan masalah dari sebagai berikut : (1) Bagaimana Efektivitas Penerapan Pembelajaran Model Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa X Di SMA Al-Khoziny ? (2) Bagaimana Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa X Di SMA Al-Khoziny Dengan Mengunakan Model Bercerita
Penelitian ini dilakukan di SMA Al – Khoziny Kelas X Bindung Kedundung Sampang Madura. Dengan menggunakan penelitian kualitatif.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu Tes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi Pada Siswa Kelas X Sebagai Sampelnya.Untuk dapat menyimpulkan hasil yang di kehendaki maka di gunakan Rumus Percentages correction.
Data hasil observasi keterampilan berbicara siswa yang dilakukan pada siklus I dansiklus II. Pada siklus I, persentase jumlah siswa yang mempunyai keterampilan berbicara kategori sangat baik sebesar 45%, sedangkan pada siklus II sebesar 70%.Dari kedua data tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa dari siklus I kesiklus II mengalami peningkatan sebesar 25%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sholihan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, JunaidilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode; Bercerita; Pembelajaran; Kisah; Bilal Bin Rabah; Keterampilan Berbahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2016 08:53
Last Modified: 08 Jan 2016 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item