الوزن العروضي وتغييراته في معلقة امرؤ القيس

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamil, Holifah Mistali (2019) الوزن العروضي وتغييراته في معلقة امرؤ القيس. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Holifah Mistali Kamil_A71215065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ilmu aruḍ dan qawâfȋ merupakan salah satu cabang ilmu kesusastraan Arab dan pengertian ilmu ‘aruḍ adalah ilmu yang membahas pola-pola syi‘ir Arab untuk mengetahui wazan yang benar dan yang salah serta perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan syi‘ir Arab. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah:(1) Apa wazan arudl yang terdapat dalam muallaqah Umru’ Al-Qais?(2) Bagaimana perubahan wazan arudl yang terdapat dalam muallaqah Umru’ Al-Qais? . Adapun tujuan pembahasan ini yaitu untuk mengetahui wazan arudl dalam muallaqah Umru’ Al-Qais serta macam-macam perubahan yang terdapat pada muallaqah Umru’ Al-Qais . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu analisis sastra, yakni dengan menguraikan bentuk susunan irama (wazan) dalam muallaqah Umru’ Al-Qais dan perubahan-perubahannya yang teradi berupa zihaf (kecepatan irama) dan illat (kecacatan irama). Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) muallaqah Umru’ Al-Qais menggunakan Bahr Towil yang memiliki wazan "فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن* فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن" , 2) Perubahan wazan arudl yang terdapat dalam muallaqah Umru’ Al-Qais yaitu a) Zihaf Mufrad al-maqbud yaitu membuang huruf kelima yang bersukun perubahan ini terjadi pada bait 1-8,10-14,16-28,30-38,40-48,51-52,54,56-58,60-65, dan 67-80, dan b) zihaf Mufrod Makfuf yakni membuang huruf ke tujuh yang bersukun yang terdapat pada bait 10, perubahan perubahan ini terjadi di hasyu al-bait, c) Zihaf yang berlaku pada kedudukan ‘Illat Al-Maqbud yaitu membuang huruf kelima yang bersukun dan perubahan ini terjadi pada taf’ilah dalam arudl dan dharab, perubahan ini terjadi pada bait awal hingga akhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamil, Holifah MistaliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Uncontrolled Keywords: Wazan Arudh; peubahan dalam Muallaqah; qawâfȋ
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kamil Holifah Mistali
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:05
Last Modified: 15 Apr 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31246

Actions (login required)

View Item View Item