فعالية استراتيجية “سكين ستيع” في ترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baarid, Nurul Aini (2019) فعالية استراتيجية “سكين ستيع” في ترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini Baarid_D02215016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peneliti sangat tertarik menggunakan strategi scene setting dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Sidoarjo, dimana dalam kelas ini peneliti menemukan beberapa permasalahan siswa dalam pembelajaran bahasa arab khususnya dalam keterampilan berbicara. Diantaranya disebabkan karena terdapat berbagai siswa dari latar belakang yang berbeda, sebagian dari mereka ada yang lulusan dari sekolah menengah pertama islam negeri (Mts/Mtsn) dan sebagian dari mereka lulusan dari sekolah menengah pertama negeri (Smp). Mereka yang lulusan dari sekolah menengah pertama negeri (Smp), kebanyakan dari mereka belum mengetahui bahasa arab sama sekali, dan ini menjadi sumber perhatian khusus bagi peneliti, kedua karena siswa memang malas untuk mempelajarinya dan tidak ingin mendalami pelajaran bahasa arab karena dianggap sulit dan membosankan serta kurangnya kosa kata siswa dan enggan untuk menerapkannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan strategi scene setting ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Sidoarjo. Strategi ini berfungsi sebagai pembangun konsep awal pembelajaran yang berkesan, pemberi pengalaman belajar siswa sebelum masuk pada materi inti, sebagai pereduksi instruksi, dan sebagai pembangkit minat siswa serta rasa penasaran siswa. Dimana strategi scene setting memberikan beberapa sumber-sumber idenya dan pola-polanya dalam pemberian aktivitas guru dan siswa.
Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan rumus t-tess dan prosentase. Dengan menggunakan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 Man Sidoarjo yang terdiri dari 38 siswa. Adapun hasil dari penelitian yang didapatkan adalah nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (8.130> 37), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dan nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,000 <0,05), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat keefektivitasan strategi scene setting dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baarid, Nurul AiniNurulainibaarid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Efektivitas strategi scene setting; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Baarid Nurul Aini
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:58
Last Modified: 15 Apr 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31245

Actions (login required)

View Item View Item